Sukses

Prediksi Desmond: Putusan MKD Akan Kecewakan Publik

Dia menyimpulkan hal itu lantaran MKD belum memanggil pengusaha M. Riza Chalid.

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan memutuskan kasus dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Ketua DPR, Setya Novanto. Politikus Partai Gerindra Desmond J. Mahesa memprediksi, putusan MKD akan mengecewakan publik.

Desmond menyimpulkan hal itu lantaran MKD belum memanggil pengusaha M Riza Chalid.

"Ini sudah ada pelanggaran etikanya. Tapi ada hal yang tidak masuk akal, jika diputuskan hari ini. Karena Riza Chalid belum dipanggil. Jadi apapun hari ini alasannya, bagi saya putusan hari ini adalah salah satu bentuk putusannya akan mengecewakan publik," ujar Desmond di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Anggota Komisi III DPR itu pun menegaskan, dengan ketidakhadiran Riza Chalid bisa jadi alasan MKD untuk memberikan keringanan hukuman kepada Setya.

"Ini saja menurut saya sudah cacat MKD. Karena Riza tidak diconfirm. Karena Riza banyak ngoceh tentang banyak hal. Makanya menurut saya, putusan ini jika tidak sesuai harapan masyarakat," ungkap dia.

Desmon menilai jika dengan tidak hadirnya Riza Chalid di persidangan dapat menghapus pelanggaran etika Setya Novanto, maka MKD tidak serius mengusut kasus 'Papa Minta Saham'.

"Jika putusannya ada pelanggaran etika, tanpa kehadiran Riza, itu bisa dimaklumi. Tapi, jika putusan hari ini menyatakan tidak ada masalah apa-apa, tidak ada pelanggaran etika maka MKD main-main," ujar Desmond.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.