Sukses

Luhut Akui Pernah Bertemu Bos Freeport Jim Bob

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri panggilan sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri panggilan sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di DPR RI. Dalam sidang itu ia mengakui pernah bertemu dengan bos PT Freeport Jim Bob alias James R Moffet‎ di Amerika Serikat.

Hal tersebut diungkapkan Luhut menjawab pertanyaan anggota MKD dari Fraksi Nasdem Akbar Faizal. "Betul Anda perah bertemu Jim Bob?" tanya Akbar dalam sidang MKD di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/12/2015).

"Betul. Saya pernah ketemu dengan Jim Bob sekitar 4 tahun lalu," jawab Luhut.

Lalu, Akbar yang juga anggota Komisi III DPR itu menanyakan apa tujuan pertemuan tersebut. "Berbisnis, karena saya juga pengusaha. Waktu itu saya tanya kenapa memilih saya menjadi partnernya, dia jawab karena menyangkut soal polemik Freeport," jelas Luhut.

Namun, Luhut menegaskan, kerja sama tersebut akhirnya tidak terlaksana sebab ketika pemerintahan SBY‎ saat itu tidak setuju PT Freeport Indonesia diperpanjang. "Tapi kemudian enggak jadi karena pemerintah waktu itu enggak setuju," tegas Luhut.

Akbar lalu melanjutkan pertanyaannya apakah Jim Bob yang men‎gundang atau Luhut yang meminta pertemuan tersebut. "Untuk apa saya cari-cari itu yang mulia," tutup Luhut.

Dalam transkrip rekaman utuh pembicaraan yang diduga antara Ketua DPR RI Setya Novanto, pengusaha Riza Chalid dan Presdir Pt Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, nama Luhut Binsar Pandjaitan disebut 66 kali. Dalam pembicaraan terkait dengan perpanjangan kontrak Freeport itu juga disebut nama bos PT Freeport Jim Bob alias James R Moffet‎.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini