Sukses

Gempa 5,3 SR Goyang Bengkulu

Goyangan gempa tektonik yang terjadi ini bisa dirasakan warga di 7 kabupaten di Bengkulu.

Liputan6.com, Bengkulu - Gempa tektonik menggoyang Bengkulu pada Jumat pagi pukul 10.20 WIB. Lokasi gempa berada di 71 kilometer barat daya Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu dan berada pada titik kordinat 5,03 Lintang Selatan dan 102,94 Bujur Timur.

Kepala Stasiun Pemantauan Gunung Api Kepahiang Litman mengatakan, goyangan gempa tektonik yang terjadi ini bisa dirasakan warga di 7 kabupaten, yaitu Kaur, Seluma, Bengkulu Selatan, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, dan Kepahiang.

"Tidak berpotensi tsunami," ujar Litman saat dihubungi lewat telepon di Bengkulu, Jumat (11/12/2015).

Pemicunya, kata dia, masih merupakan rangkaian gempa yang terjadi beberapa pekan lalu akibat pertemuan lempeng Euroasia dan Indoaustralia. Intensitas gempa sangat susah diprediksi, sebab pertemuan lempeng ini berada pada kedalaman di sisi gunung api bawah laut yang menjorok ke Samudra Hindia.

Posisi pergerakan dan pertemuan lempeng ini juga memanjang dan memiliki akar gunung api yang melintang dari utara Provinsi Aceh hingga barat daya Provinsi Lampung.

Kepala BPBD Kabupaten Kaur Dihan Bastari mengatakan, gempa yang terjadi mengejutkan warga dan dirasakan sangat kencang. Tetapi hanya terjadi beberapa detik saja.

Namun hingga saat ini tidak dilaporkan ada kerusakan, baik itu bangunan milik pemerintah maupun milik warga setempat. "Hanya beberapa detik saja dan belum ada laporan kerusakan," ujar Dihan Bastari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini