Sukses

JK 'Pamer' Kesuksesan Pilkada Serentak di Depan Wakil 86 Negara

Keberhasilan ini ternyata membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK berbangga hati.

Liputan6.com, Nusa Dua - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak baru saja dilaksanakan. Keberhasilan ini ternyata membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK berbangga hati.

Bahkan kesuksesan Pilkada Serentak itu dipamerkan JK dalam ajang internasional sekelas Bali Democracy Forum (BDF).

"Kemarin di Indonesia secara bersamaan telah dilaksanakan pemilu untuk memilih 260 kepala daerah," ujar Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu di Nusa Dua, Bali, Kamis (12/10/2015).

"Semua berlangsung aman tertib dan tak ada masalah dan berjalan dengan baik juga," tambah JK.

Terkait Pilkada Serentak, JK menuturkan, pelaksanaan demokrasi tidak boleh dipaksakan. Apa lagi menggunakan kekerasan.

"Tidak ada demokrasi di dunia ini yang ditegakkan dengan kekerasan. Banyak yang berpikiran demokrasi adalah 'agama' yang harus ditegakkan dengan cara apa pun," ucap dia.

"Demokrasi tentu bersifat hal-hal universal tapi juga hal bersifat unik di masing-masing negara tentulah tidak ada copy paste dalam demokrasi," ujar JK.

BDF VIII dihadiri oleh sekitar 250 perwakilan dari 86 negara dan 3 organisasi internasional. Rancananya BDF akan berlangsung pada 10–11 Desember 2015.

BDF merupakan forum tingkat menteri tahunan yang diselenggarakan oleh Indonesia sejak 2008. Hal ini merupakan bentuk komitmen Indonesia dalam memajukan demokrasi dan sekaligus menciptakan perdamaian di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.