Sukses

Puluhan Hektare Padi di Bogor Diserang Keong, Petani Bingung

Setiap hari petani-petani tersebut harus memunguti dan membersihkan keong yang memenuhi sawah mereka.

Liputan6.com, Bogor - Cobaan demi cobaan terus mendatangi para petani. Lepas dari bencana kekeringan, puluhan hektare tanaman padi milik petani di Bogor, Jawa Barat, kini diserang hama keong.

Serangan hama keong mas mengejutkan para petani di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. Sekitar 25 hektare sawah yang baru sebulan ditanami padi kini mendadak penuh dengan keong.

Setiap hari petani-petani tersebut harus memunguti dan membersihkan keong yang memenuhi sawah mereka dan merusak tanaman padi.

Tak tanggung-tanggung, dalam sekali membersihkan sepetak sawahnya petani rata-rata dapat mengumpulkan hingga 4 karung keong mas. Walau sudah dibersihkan, keesokan harinya hama keong sudah kembali memenuhi sawah.

Mereka mengaku tidak tahu dari mana munculnya hama tersebut. Tiba-tiba saja keong-keong mengganggu sawah para petani. Di antaranya sawah milik Suhanda.

Usai panen 2 bulan lalu, Suhanda mengaku sengaja kembali menanam padi.

"Enggak tahu saya juga aneh, biasanya enggak begini, tapi sekarang banyak keong mas," keluh anggota Kelompok Tani Delima itu di Bogor, Jawa Barat, Senin (7/12/2015).

Akibat serangan hama keong tersebut, dia mengaku menderita kerugian hingga belasan juta rupiah perhektarenya.

Dia berharap, Dinas Pertanian Kota Bogor memberikan bantuan obat pengusir hama dan mengganti bibit padi yang rusak.

"Setiap akan datang masa tanam biasanya memang dapat benih, tapi enggak tahu kalau diserang hama seperti sekarang ini dapat benih lagi atau tidak. Kalau obat pengusir hama memang tidak ada, jadi kami beli sendiri," pungkas Suhanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.