Sukses

6-12-1983: Sejarah Terukir, Transplantasi Hati Pertama di Inggris

Ljungberg menjalani bedah dalam kondisi sadar, dengan didampingi istrinya yang selalu setia menemaninya.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi dalam dunia medis terus berkembang sejak abad 20. Di antaranya teknologi transplantasi, cangkok, atau pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke tubuh lainnya; atau dari suatu bagian ke bagian yang lain di tubuh yang sama.

Transplantasi hati pertama kali sukses dilakukan di Afrika Selatan oleh dokter bedah Christain Barnards, pada Desember 1967. Di Inggris pada 6 Desember 1983, untuk kali pertama, transplantasi hati berhasil dilakukan terhadap seorang pria bernama Lars Ljungberg.

Lelaki yang berprofesi sebagai jurnalis itu menderita penyakit jenis pulmonary hypertension, yang membuat lapisan paru-parunya membengkak hingga menghambat suplai oksigen ke aliran darah dalam tubuh.

Akibatnya, fungsi organ tubuh hati juga berpengaruh. Tim dokter di Inggris memutuskan untuk melakukan transplantasi atau pencangkokan paru-paru dan hati Ljungberg.

Pria itu menerima donor organ paru-paru dan hati dari keluarga seorang wanita di kawasan Inggris Selatan, yang telah meninggal beberapa hari sebelumnya.

Operasi transplantasi pun berlangsung, yang melibatkan 20 dokter dan suster di Unit Spesialis Hati Rumah Sakit Harefield, London Utara. Pembedahan berhasil dan selesai dalam waktu 5 jam.


Setelah itu, Ljungberg dinyatakan dalam kondisi baik, meski masih harus menjalani perawatan intensif di ruang isolasi.

"Dokter bedah Pak Magdi Yacoub mengaku senang karena operasi berjalan lancar," ujar pejabat RS Harefield David Thomson, seperti dimuat BBC on This Day.

Sementara, salah satu perawat mengaku terharu saat melihat Ljungberg dioperasi. Sebab pria itu menjalani bedah dalam kondisi sadar, dengan didampingi sang istri yang selalu setia menemaninya.

Namun, takdir berkata lain. Ljungberg meninggal dunia, 13 hari setelah operasi. Pihak rumah sakit menyatakan paru-paru dan hati cangkok yang dipasang telah berfungsi optimal. Kondisi Ljungberg yang buruk sebelum operasi dinyatakan rumah sakit sebagai penyebab utama kematiannya.

Sejarah lain mencatat pada 6 Desember 1957, Project Vanguard yang berusaha meluncurkan satelit pertama Amerika Serikat gagal karena tempat peluncuran meledak. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini