Sukses

Detik-detik Penyerahan Medali Kaisar Jepang untuk Sofjan Wanandi

Pengusaha yang lahir di Sawah Lunto ini dianugerahi penghargaan 'Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star' dari Pemerintah Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Kehormatan besar diterima pengusaha Sofjan Wanandi. Pengusaha yang lahir di Sawah Lunto ini dihadiahi penghargaan 'Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star' dari Pemerintah Jepang.

Penghargaan itu diberikan atas jasa Sofjan yang berhasil meningkatkan hubungan bilateral ekonomi RI-Jepang khususnya di sektor ekonomi, perdagangan dan investasi.

Penganugerahan 'Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star' diberikan langsung oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki.

Acara tersebut dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri kabinet Kerja seperti Menteri Perdagangan Tomas Lembong, Menteri Perindustrian Amran Sulaiman, Menko Polhukam Luhut Pandjaitan dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Ibu Sofjan Wanandi yang sudah sepuh dengan bangga menyaksikan pengalungan medali untuk putranya.

Sofjan mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut, khususnya kepada pemerintah dan Kaisar Jepang.

"Saya menyampaikan rasa terima kasih saya kepada Kaisar dan Pemerintah Jepang. Penghargaan ini merupakan pengalaman yang akan membuat saya lebih rendah hati," kata Sofjan di kediaman Dubes Jepang.

"Saya harap hubungan Indonesia Jepang lebih baik lagi ke depannya," ujarnya.

Penghargaan yang diterima Sofjan dipuji oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pria yang kerap disapa JK itu mengatakan sudah sepatutnya mantan Ketua Apindo itu dihadiahi penghargaan tersebut.

Komentar mantan Ketua Umum Partai Golkar itu dilontarkan bukan tanpa sebab. Menurut JK, tak ada sosok lain yang bisa membawa hubungan bilateral RI-Jepang sampai ke titik ini.

"Pertama atas nama pemerintah dan pribadi, saya ingin sampaikan selamat pada Bapak Sofjan Wanandi yang pada malam ini secara resmi mendapat penghargaan dari Kaisar Jepang," ucap JK di kediaman Dubes Jepang di Jakarta, Selasa 1 Desember 2015.

"Ini merupakan kebanggaan kita semua atas jasa-jasa, karena telah membina hubungan Indonesia dan Jepang," sambung dia.

Order of the Rising Star pertama kali diluncurkan pada 1875 setelah restorasi Meiji. Penghargaan itu diberikan kepada mereka yang telah melakukan banyak jasa di berbagai bidang tertentu seperti hubungan internasional, mempromosikan kebudayaan Jepang, sangat menguasai bidang pekerjaannya, serta berkontribusi bagi kesejahteraan dan lingkungan hidup.

Saksikan video penganugerahan penghargaan Kaisar Jepang untuk Sofjan Wanandi:

(Ger/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.