Sukses

Mortir Aktif Peninggalan Belanda Ditemukan di Medan

Penemuan berawal saat pelapor hendak menimbun tanah.

Liputan6.com, Medan - Sebanyak 3 pekerja menemukan mortir aktif di Jalan Menteng II, Gang Deli Kley, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Medan, Sumatera Utara. Penemuan berawal saat mereka hendak menimbun tanah.

Kanit Reskrim Polsekta Medan Area AKP Alexander Piliang mengatakan, saat penemuan mortir, ketiga pekerja bernama JO Sagala (30), R Sinaga (25), dan Elias Sijabat (26) sedang menimbun teras samping rumah atau setapak di tanah milik J Siahaan (29).

"Ketika mereka sedang meratakan tanah yang akan didirikan rumah, mereka menemukan mortir tersebut," kata Alex di Medan, Jumat (20/11/2015).

Ia menjelaskan, pihaknya pertama kali memperoleh informasi dari laporan R Sinaga, selaku orang pertama yang menemukan mortir tersebut.



"Penyelidikan awal kita, tanah itu diambil dari bekas tanah pabrik batu bara bakaran batu, dan tanah itu peninggalan Belanda," jelas Alex.

Atas penemuan mortir tersebut, Polsekta Medan Area berkoordinasi dengan tim Gegana Polda Sumut. Sejumlah personel kepolisian juga diturunkan untuk mengamankan lokasi penemuan mortir. (Mvi/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini