Sukses

Ratusan Polisi Bandara Soetta Siaga Banjir

Lebih dari 3 unit perahu karet disiagakan untuk mengantisipasi banjir.

Liputan6.com, Tangerang - Sepertiga satuan dari Polres Bandara Soekarno Hatta (Soetta) atau sekitar 300 personel diterjunkan untuk ikut serta dalam siaga banjir. Puluhan perlengkapan untuk evakuasi banjir pun turut disiagakan.

Kapolres Bandara Soetta AKBP Roycke Langie mengatakan, memasuki musim hujan ini pihaknya menyiagakan 300 anggota untuk terjun langsung menolong masyarakat yang menjadi korban bencana alam tersebut.

Tak hanya itu, pihaknya juga dibantu perwakilan TNI, Basarnas, Avsec, Damkar Kota Tangerang, serta perwakilan petugas keamanan bandara.

"Selain untuk warga yang berada di sekitar bandara, fokus kami juga penanganan di akses masuk menuju Bandara Soetta," ujar Roycke dalam apel kesiapsiagaan bencana banjir di Cengkareng, Banten, Jumat (20/11/2015).

Misalnya, kata dia, akses dari Kecamatan Benda atau dari arah Cengkareng, kemudian dari arah Jakarta menuju bandara. Sebab, di akses jalan tersebut dataran lebih rendah dibandingkan akses dari Kota Tangerang menuju Bandara Soetta.

Menurut Roycke, tidak hanya satuan petugas gabungan yang dilibatkan, perlengkapan penanganan banjir juga disiagakan. Lebih dari 3 unit perahu karet milik Polres Bandara Soetta, milik Damkar Kota Tangerang, dan juga petugas keamanan setempat dikerahkan.

 

Puluhan rompi pelampung juga turut disiagakan, sehingga bila terjadi banjir sudah dapat diatasi dengan segera oleh petugas setempat.

"Seluruh anggota Polresta Bandara Soetta siap bila masyarakat membutuhkan bantuan. Baik masyarakat pekerja maupun pengguna jasa bandara," tutur dia.

Roycke juga menyampaikan, dalam penanganannya nanti, petugas juga harus tetap berkoordinasi dengan anggota TNI, Basarnas, Avsec, Damkar, security, dan instansi terkait. Sehingga, tidak ada yang panik dan semua dapat diatasi dengan cepat serta cermat.

Dalam kesempatan apel kesiapsiagaan bencana banjir, Roycke sempat melihat dan mengecek langsung segala perlengkapan.

"Saya pastikan semua siap dan berada pada tempatnya. Jadi pada saat akan digunakan, langsung ready," pungkas Roycke. (Mvi/Sun)

   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini