Sukses

Lion Air soal Desahan dari Kokpit: Itu Ucapan Selamat Ulang Tahun

Lion Air mengakui krunya melakukan ketidakpantasan selama penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air menyelesaikan investigasi terkait laporan salah seorang penumpang yang menyebut adanya desahan yang berasal dari kabin pilot dan kopilot. Maskapai dengan tagline 'We make people fly' ini mengakui ada tindakan yang tidak pantas yang dilakukan krunya.

"Terdapat pelanggaran prosedur announcement oleh co-pilot berupa ucapan selamat ulang tahun kepada salah satu awak kabin," kata Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (18/11/2015).

"Nafas dari kopilot tersebut seperti tersengal-sengal (cara bicaranya memang seperti itu) dan posisi mic pada saat itu terlalu dekat dengan bibir sehingga pada saat menarik nafas atau pada saat mau berbicara terdengar seperti desahan," lanjut Edward.

Adalah Lambertus Maengkom, seseorang yang melaporkan kejadian yang dialaminya saat terbang bersama Lion Air pada 14 November 2015. Ia menuliskan unek-uneknya di laman bandara.web.id pada 15 November 2015 pukul 10.46 WIB.

Tak hanya itu, dia juga mengungkap adanya suara desahan dari dalam kokpit yang terdengar di kabin lewat mengeras suara.

Berikut isi lengkap laporan Lambertus Maengkom:

Kepada Yth Bpk/Ibu Dirjen Perhub,

Kami ingin menanyakan apakah merupakan standart prosedur yang diterapkan penerbangan (Dirjen Pehubungan) yaitu PILOT MASKAPAI LION MENAWARKAN STAFF CREW PRAMUGARI YANG BERSTATUS JANDA kepada para penumpang melalui microphone berulang ulang di dalam kabin LION JT 990 - PENERBANGAN JAM 19.15 / tgl. 14-november-2015 DARI SURABAYA MENUJU DENPASAR?....

TERDENGAR SUARA ANEH DAN MENDESAH DESAH dari Speaker kabin selama perjalanan yang membuat para penumpang resah dan ketakutan atas keselamatan nyawa mereka dalam penerbangan itu, serta bertanya tanya apakah PILOT DALAM KEADAAN TIDAK SEHAT, MABUK Aatau mungkin NARKOBA? sehingga berkelakukan demikian.

Apakah demikian STANDART SERVICE KONPENSASI LION AIR KEPADA PARA PENUMPANG YANG SUDAH MENUNGGU DELAY SELAMA 3 JAM (pesawat berangkat akhirnya jam 21.30 -delay 3 jam), dengan 'MENAWARKAN" Crew Pramugari Lion Air??

Setelah pesawat landing di DENPASAR, kami menunggu di depan pesawat untuk menanyakan langsung kepada PILOT tersebut APA MAKSUD DAN TINDAKANNYA SEBAGAI PILOT YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS NYAWA DAN KESELAMATAN PARA PENUMPANG, namun SETELAH PILOT MENGETAHUI DARI PETUGAS DARAT LION AIR DAN BANDARA NGURAH RAY BAHWA PARA PENUMPANG INGIN MENEMUINYA, PILOT TIDAK MAU MENEMUI DAN HANYA TERTAWA TAWA SERTA MENGANGKAT TANGANYA SEAKAN MENANTANG PARA PENUMPANG YANG TELAH MENUNGGU DIA (mungkin dia sedang mabuk parah? menghadapi situasi seperti itu).

kamipun menanyakan kepada petugas darat Lion air dan Bandara Ngurah ray siapa nama pilot tersebut..., namun mereka mengatakan tidak mengetahui siapa nama pilot tersebut (apakah mungkin OTORITAS BANDARA NGURAH RAY dan PETUGAS DARAT LION AIR tidak mengetahui siapa nama PILOT yang mendaratkan pesawat di NGURAH RAY?)...seakan akan menutupinya.

ADALAH SANGAT MEMALUKAN JIKA MASKAPAI NASIONAL LION AIR MEMPUNYAI MEMILIKI PILOT YANG MENJALANKAN STANDAR PROSEDUR SEMACAM ITU....

Demi keselamatan PARA PENGGUNA LAYANAN PENERBANGAN, mohon kami menunggu respond baik dari DINAS PERHUBUNGAN & maskapai LION Air untuk mengambil tindakan dan atas kejadian tersebut.

Terima kasih

(Dry)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.