Sukses

17-11-2003: 'Terminator' jadi 'Governator' California

Arnold Schwarzenegger adalah salah satu contoh sukses imigran yang mengejar Impian Amerika.

Liputan6.com, Jakarta Pada hari ini tahun 2003, aktor sekaligus mantan atlet bodybuilder, Arnold Schwarzenegger disumpah sebagai gubernur ke-38 untuk negara bagian California beribukota di Sacremento. Schwarzenegger merajai bintang Hollywood pada tahun 1980-an dengan membintangi film aksi Conan the Barbarian dan The Terminator, mengalahkan gubernur Gray Davis.

Ia bukan artis pertama Hollywood yang masuk ke kancah politik AS, sebelumnya ada Ronald Reagan yang menjadi gubernur California ke-33 dari 1967 hingga 1975 sebelum menjadi orang nomor satu AS ke-40 pada 1980.

Schwarzengger lahir 30 Juli 1947 di Austria. Ia berlatih sebagai atlet binaraga dan pada usia ke 20 ia dinobatkan sebagai orang termuda peraih Mr Universe. Pada 1968, Schaerzenegger menyulih suara 'The Austrian Oalk'dan datang ke Amerika Serikat, berbicara sedikit bahasa Inggris. Ia meraih banyak kemenangan atas ketangguhannya sebagai atlet binaraga. 

Menurut ABC News, Schwarzenegger merupakan contoh seorang perantau yang sukses mengadu nasib di Amerika, yang populer dengan sebutan 'American Dream.' Pada 1968, di usia 21 tahun, dia nekat hijrah ke AS dari Austria hanya dengan bermodal prestasi sebagai juara kontes binaraga tingkat lokal.  

Karier filmnya menanjak saat berbaik di Conan the Barbarian. Ia menjadi bintang internasional setelah memerankan lusinan film laga termasuk The Terminator yang terkenal dengan ucapannya 'I'll be back.' Ia juga menjadi nominasi Piala Oscar untuk film Total Recall pada tahun 1990. Pada 1986 ia mendapatkan warga negara AS.

Pada 1986, Schwarzenegger, seorang Republikan sejati menikahi wartawan TV Maria Shriver. Tak hanya sekadar jurnalis, ia adalah keponakan dari Presiden John F Kennedy dan anggota keluarga Partai Demokrat terkenal di AS, seperti dilansir dari today in history.

Pada Agustus 2003, Swarzenegger yang tak pernah bekerja untuk pemerintah membuat pernyataan di sebuah acara TV AS bahwa ia akan mencalonkan diri menjadi gubernur dan serius mengikuti pemilihan tahun itu. Setelah berhasil mengalahkan Gray Davis, The Governator--seperti ia sebut dirinya-- terpilih lagi pada November 2006 hingga Januari 2011.

Arnold Schwarzenegger pensiun sebagai gubernur negara bagian California, Senin 3 Januari 2011. Setelah tujuh tahun memerintah negara bagian AS terbesar itu, Schwarzenegger diganti oleh politisi Demokrat, Jerry Brown, yang menang pemilihan gubernur pada 2 November 2010.

"Hal yang penting dalam pengabdian saya sebagai gubernur selama tujuh tahun terakhir adalah memiliki gairah memimpin," kata Schwarzenegger.

(Rie/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.