Sukses

Waspada, Pengemis Modus Kaki Buntung Ini Raup Rp 5 Juta Sebulan

Selama 7 tahun Aris mengemis dengan berpura-pura menyandang disabilitas. Penghasilan setara pegawai kantoran menjadi alasan dia mengemis.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi yang selalu iba dan memberi sedikit uang kepada para pengemis, ada baiknya mulai berhati-hati dan tidak tertipu dengan penampilan pengemis. Karena, seorang pengemis yang seolah-olah menyandang disabilitas ternyata ketahuan segar bugar.

Adalah Aris Stianto (27), pria yang digelandang Dinas Sosial saat operasi penertiban di Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat, Sabtu 14 November petang. Petugas mendapati Aris berpura-pura menyandang disabilitas dan meminta uang kepada para pengguna jalan.

Aris Stianto (27) mengemis dengan modus buntung dan raup Rp 5 juta sebulan (Liputan6.com/Istimewa)

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Chaidir mengatakan, dari penuturan Aris diketahui pria berperawakan kurus jangkung itu mulai mengemis dengan modus kaki buntung sejak 2008. Aris mengaku, mengemis dengan modus tersebut sudah menjadi pekerjaan yang menguntungan untuk dia.

"Penghasilan dari modus kaki buntungnya itu cukup besar. Sekitar Rp 150-200 ribu per hari diraupnya. Bila ditotal, dalam sebulan dia meraup Rp 4-5 juta," kata Chaidur di Jakarta, Minggu (15/11/2015).

Dari uang hasil mengemisnya itu, Chaidir menggunakannya untuk sehari-hari. Termasuk mengontrak rumah di bilangan Tanah Tinggi dengan biaya sewa Rp 350 ribu per bulan.

Aris Stianto (27) mengemis dengan modus buntung dan raup Rp 5 juta sebulan (Liputan6.com/Istimewa)

Chidir mengimbau masyarakat yang ingin berbagi dengan mereka-mereka yang membutuhkan untuk menyalurkannya ke lembaga-lembaga resmi.

"Karena lembaga yang telah resmi telah terdaftar dan transparan dalam menyalurkan bantuan. Sehingga tidak dimanfaatkan oleh oknum yang ingin mengambil keuntungan," imbau Chaidir. (Dry/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini