Sukses

Antisipasi Banjir, Pemkot Jakarta Selatan Siagakan 32 Pompa Air

Fokus utama penanganan banjir di Jaksel terletak di 3 wilayah, yakni Tebet, Pengadegan, dan Kebon Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta sudah memasuki musim penghujan. Pemerintah Kota Jakarta Selatan telah mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi banjir. Salah satunya dengan menyiagakan pompa air untuk menguras genangan air dan banjir.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Irmansyah mengatakan, pihaknya telah menyiagakan 32 pompa air untuk menangani banjir. Pompa-pompa tersebut difokuskan di 3 tempat rawan banjir di kawasan Jakarta Selatan.

"Ada 32 pompa air yang sudah kita siapkan. Untuk fokusnya sendiri ada di 3 wilayah, yaitu Tebet, Pengadegan, dan Kebon Baru," ujar Irmansyah usai menghadiri apel siaga banjir di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2015).


Pemerintah Kota Jakarta Selatan telah mempersiapkan sejumlah pompa air untuk mengantisipasi banjir. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Selain menyediakan pompa air, lanjut Irmansyah, pihaknya juga sudah melakukan pengerukan di beberapa sungai di wilayah Jakarta Selatan.

"Antisipasi sampai saat ini sudah dilakukan pengerukan beberapa kali. Disesuaikan dengan kondisi. Jadi tidak bisa terlalu dalam juga mengeruknya, takutnya longsor," papar Irmansyah.

Berdasarkan data tahun sebelumnya, terdapat sekitar 33 titik rawan banjir yang harus diantisipasi di wilayah Jakarta Selatan. Namun fokus utama terletak pada 3 wilayah, yakni Tebet, Pengadegan, dan Kebon Baru.

"Itu 3 titik utama fokus yang harus diantisipasi. Tapi semoga tahun ini tidak separah tahun lalu, karena upaya sudah kita lakukan," pungkas Irmansyah. (Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini