Sukses

Jokowi: Terima Kasih Australia Bantu Padamkan Kebakaran Hutan

Indonesia merupakan negara pertama yang didatangi oleh Malcolm Turnbull dalam kunjungannya ke Asia sejak diangkat menjadi Perdana Menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menerima kunjungan kehormatan PM Australia Malcolm Turnbull di Istana Merdeka, Jakarta. Pemilik nama Joko Widodo itu tak lupa mengucapkan selamat atas pengangkatan Malcolm Turnbull sebagai perdana menteri pengganti Tony Abbott.

Kepada Turnbull, politisi PDIP itu juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari Australia dalam menangani kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia. Seperti dikutip dari laman Setkab.go.id.

"Terima kasih atas bantuan Australia terhadap Indonesia dalam kebakaran hutan yang lalu. Dan saya menyambut baik pembukaan Konsulat Jenderal Australia di Makassar," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Indonesia merupakan negara pertama yang didatangi oleh Malcolm Turnbull dalam kunjungannya ke Asia sejak diangkat menjadi Perdana Menteri pada September 2015 lalu.

"Saya sangat senang bahwa masih ada kesempatan bekerja sama sebagai tetangga yang sangat dekat," ujar Turnbull.

Malcolm Turnbull merupakan Perdana Menteri ke-29 Negeri Kanguru. Dia naik jadi Orang Nomor Satu di Pemerintahan Australia menggantikan rekan satu partainya, Tony Abbott.

Turnbull mengalahkan Abbott dalam pemungutan suara internal Partai Liberal dengan memperoleh 55 suara. Sementara Abbott hanya 44.

Australia mengirimkan pesawat Lockheed L100-30 Airtanker atau Hercules C130 Bomber 132 ke Indonesia untuk mengebom lahan yang mengalami kebakaran di beberapa kabuten di Sumatera Selatan.

Pesawat itu mendarat di jalur VVIP Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan pada Selasa malam 13 Oktober 2015.

Burung besi yang juga sering dipanggil dengan sebutan Thor itu mampu mengangkut hingga 15.450 liter air. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.