Sukses


Ketua MPR Ajak Pemuda Muhammadiyah Teladani Ki Bagus

Ki Bagus, tokoh Muhammadiyah yang baru saja dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengajak pemuda Indonesia, khususnya Muhammadiyah untuk terus meneladani perjuangan Ki Bagus Hadikusumo. Ki Bagus, tokoh Muhammadiyah yang baru saja dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi.

Bagi Zulkifli, gelar pahlawan itu bukti bahwa Ki Bagus merupakan sosok yang wajib diteladani. Setelah sebelumnya Ki Bagus sudah mendapat 2 gelar Bintang Maha Putra dari Presiden Soeharto karena dianggap sangat berjasa kepada bangsa dalam perjuangan kemerdekaan.
 
"Terakhir Pak Jokowi melengkapinya dengan diangkat sebagai pahlawan nasional," kata Zulkifli di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/11/2015).

 Baca Juga

Zulkifli menilai, Ki Bagus merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam merintis kemerdekaan Indonesia. Semangatnya, kata dia, sejalan dengan ilmu agamanya. Sehingga pemuda Indonesia patut mencontohnya.

"Ki Bagus Hadikusumo merupakan orang yang memiliki peran penting dalam BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang ikut merumuskan dasar Pancasila, yang menjadi konsepsi bangsa," ucap mantan Menteri Kehutanan itu.

Ketua Umum PAN itu pun mengingatkan pesan dari Ki Bagus kepada bagsa ini. Bahwa perjuangan negara belumlah selesai. Sehingga, para pemuda di Indonesia, tidak hanya Muhammadiyah, harus melanjutkan perjuangan itu.

"Ada pesan dari Ki Bagus Hadikusumo, yaitu perjuangan belum selesai. Jadi, bagaimana kita secara keseluruhan untuk sungguh-sungguh melanjutkan perjuangan beliau bagi Indonesia," tandas Zulkifli. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini