Sukses

Aher Ingin Jadi 'Mak Comblang' Ahok dan Wali Kota Bekasi

Menurut Aher, kisruh sampah ini seharusnya jadi momentum benahi perjanjian pengelolaan sampah.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan (Aher) mengaku ingin memediasi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan Wali Kota Bekasi Ahmad Effendi. Hal itu terkait dengan masalah pembuangan sampah Jakarta ke Bantar Gebang, Bekasi.

Menurut Aher, 'perang' sampah ini seharusnya dijadikan momentum kedua belah pihak untuk membenahi perjanjian pengelolaan sampah. Aher pun meminta Ahok untuk segera merencanakan pertemuan dengan Effendi.

"Masalah sampah itu kan kerjasama antara DKI dan Bekasi. Tadi saya sudah ngomong dengan Pak Ahok. Pak Ahok akan segera bertemu dengan Wali Kota Bekasi untuk menyelesaikan urusan perjanjian," kata Aher di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (10/11/2015).

Nantinya, Aher berharap pertemuan itu membahas sampah secara komperhensif dengan seluruh stakeholder seperti masalah tipping fee, rute dan jadwal distribusi sampah. Kemudian peremajaan armada agar tidak mencemari jalan umum juga perjanjian kerjasama dengan perusahaan pengelola Bantar Gebang PT Godang Tua Jaya.

Terkait keterlibatan DPRD Bekasi, Aher menegaskan urusan sampah adalah domain Pemprov DKI dan Pemkot Bekasi sebagai dua instansi pemerintah yang menjalin perjanjian.

"Komentar-komentar kan selama ini dengan DPRD, padahal urusan teknis sampah bukan di DPRD tapi di Wali Kota Bekasinya kan. Saya jadi mak comblangnya," ujar Aher. (Nil/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.