Sukses

Hari Pahlawan 10 November, Mari Heningkan Cipta 45 Detik

Gubernur Jawa Timur Soekarwo memastikan Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara bendera pada peringatan Hari Pahlawan di Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan setiap 10 November, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengajak masyarakat mengheningkan cipta secara serentak di masing-masing daerah.

"Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, mari kita mengheningkan cipta selama 45 detik secara serentak pada 10 November 2015 pukul 08.15 waktu setempat," demikian imbauan Kemkominfo yang disebarluaskan melalui pesan singkat, Senin (9/11/2015).

Sementara, Gubernur Jawa Timur Soekarwo memastikan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi inspektur upacara bendera pada peringatan Hari Pahlawan di Surabaya pada Selasa, 10 November 2015.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini menjelaskan, upacara akan berlangsung di Tugu Pahlawan. Tempat ini terjadi peristiwa perjuangan 10 November 1945 hingga didirikan tugu untuk mengenang para pahlawan.


Upacara bendera ini dijadwalkan berlangsung tepat pukul 08.00 WIB. Selain Jokowi, dijadwalkan turut hadir Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa beserta sejumlah menteri lain yang tergabung dalam Kabinet Kerja.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Hartoyik sebelumnya menilai, kehadiran Jokowi dalam acara tersebut sudah sangat tepat.

"Surabaya itu tempat pertempuran 10 November 1945 sampai dijuluki 'Kota Pahlawan'. Kami kira sudah sepantasnya upacara dipimpin pemimpin negeri ini," ujar Hartoyik.

Saksi peristiwa 10 November itu menegaskan bahwa sejak 70 tahun peringatan Hari Pahlawan, upacara untuk memperingatinya belum pernah digelar dan dipusatkan di lokasi aslinya, yakni Tugu Pahlawan. Sehingga tidak sedikit pihak menyayangkannya. (Rmn/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini