Sukses

Gempa 5 SR Goyang Halmahera Barat Maluku Utara

Namun tak ada peringatan tsunami dalam gempa bumi tersebut.

Liputan6.com, Halmahera Barat - Gempa bumi berkekuatan 5 Skala Richter (SR) menggetarkan wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara pagi ini. Namun tak ada peringatan tsunami dalam gempa tersebut.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dikutip dari laman resminya, bmkg.go.id, lindu terjadi pada Minggu (8/11/2015) pukul 05.53 WIB.

BMKG menjelaskan, koordinat gempa berlokasi di 1.55 Lintang Utara dan 126.60 Bujur Timur.

Gempa bumi terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Titik gempa berlokasi sekitar 108 kilometer sebelah barat laut dari Halmahera Barat. Hingga kini belum diketahui ada kerusakan material ataupun jatuhnya korban dalam gempa tersebut.

Sehari sebelumnya, BMKG Kupang mencatat 2 kali lagi gempa susulan mengguncang Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

"Hari ini sudah 2 kali terjadi gempa susulan di Alor, sejak gempa pertama pada Rabu (4 November 2015), yang merusak sejumlah bangunan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas 1A Kupang, Sumawan kepada Antara di Kupang, Sabtu 7 November 2015. (Ans/Vra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.