Sukses

Pemimpin ISIS Masuk Daftar Tokoh Berpengaruh Dunia

Tanda tanya besar pun terbesit kala kabar pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi termasuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia.

Liputan6.com, Kairo - Daftar orang-orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes kali ini cukup mencengangkan. Sebab, ada nama pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi termasuk di dalamnya.

Tanda tanya besar pun terbesit kala kabar tersebut beredar.

Seperti dikutip dari Forbes, Jumat (6/11/2015), nama Baghdadi sebagai orang paling berpengaruh dunia berada di urutan ke-57. Posisinya mendahului mantan ibu negara AS, Hillary Clinton.

Sebelumnya pada 2014, al-Baghdadi menempati posisi 54 orang berpengaruh di dunia.

Nama Dr Ibrahim atau Abu Du'a ini dikenal setelah memproklamirkan diri sebagai pemimpin Negara Islam Irak dan Syam, atau kini dikenal dengan nama ISIS. Serangan tak henti dilakukan terhadap kelompok pimpinannya.

Di lain pihak, ia terus merekrut banyak orang untuk masuk ke dalamnya dalam waktu yang singkat.

Al-Baghdadi juga telah menguasai bagian timur Suriah dan barat Irak dengan cara yang dikecam dunia akibat aksi pemenggalan dan pembunuhan sadis lainnya. Pria ini melakukan penjualan minyak di pasar gelap dengan total pendapatan USD 1.000.000 per hari.

Terakhir pada April 2015, Abu Bakr Al-Baghdadi dilaporkan tengah dalam kondisi kritis akibat terkena serangan dari pasukan Amerika Serikat.

Akibat luka serius tersebut, kini Al-Baghdadi tak lagi memegang kendali ISIS. Adapun serangan udara koalisi Amerika yang menghantam mobil Al-Baghdadi terjadi di Distrik Al-Baaj di Nineveh, dekat perbatasan dengan Suriah pada 18 Maret lalu. (Tnt/Rie)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini