Sukses

Jokowi Ajak Presiden Finlandia Bicara 4 Mata di Belakang Istana

Sesekali, wajah keduanya tampak serius dalam perbincangan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kehormatan Presiden Finlandia Sauli Niinisto‎ di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Kedatangan Presiden Niinisto ke Indonesia untuk membahas berbagai kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang. ‎

Pantauan Liputan6.com‎, Selasa (3/11/2015), Presiden negara kawasan Skandinavia itu tiba di Istana dengan menunggangi Mercedes Benz S600 berpelat 'Finland‎'. ‎Kedatangannya diterima Presiden Jokowi dengan upacara penyambutan yang digelar di halaman depan Istana Merdeka.

Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam dengan dasi merah itu kemudian mengajak Presiden Niinisto menuju lapangan depan Istana untuk ‎mengikuti upacara penyambutan kenegaraan. ‎Upacara diawali iringan lagu kebangsaan kedua negara dan bunyi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Dentuman meriam merupakan bagian dari penyambutan tamu negara setingkat kepala negara.

Setelah mengikuti prosesi tersebut, pemimpin kedua negara itu melakukan jajar kehormatan, d‎iiringi korps musik dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Usai itu, masing-masing memperkenalkan satu per satu para menteri atau pejabat yang hadir.

Beberapa menteri yang diperkenalkan Jokowi, yaitu Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Menristek-Dikti M Nasir. ‎

Setelah mengenalkan para menteri di Kabinet Kerja, giliran Presiden Finlandi yang memperkenalkan rombongannya. Ada lebih dari 5 menteri atau pejabat setingkatnya yang dikenalkannya kepada Jokowi.

Pertemuan 4 Mata

Usai sesi perkenalan yang dilakukan di halaman depan Istana Merdeka, kedua rombongan delegasi selanjutnya masuk ke dalam ruang pertemuan Istana Merdeka.‎

K‎unjungan kenegaraan diawali dengan sesi tete e tete atau pertemuan empat mata antara Presiden Jokowi dan Presiden Niinisto yang digelar di teras belakang Istana Merdeka. Sambil duduk santai di sebuah Sofa kayu, Jokowi dan Niinisto tampak berbincang santai. Sesekali, wajah keduanya tampak serius dalam perbincangan tersebut.

Setelah 15 menit melakukan pembicaraan empat mata, kedua kepala negara selanjutnya melakukan pertemuan bilateral bersama delegasi dari negara masing-masing. ‎‎‎Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah Finlandia dengan pemerintah RI. ‎

Selanjutnya para tamu bakal menikmati j‎amuan makan malam bersama pada pukul 20.00 WIB di Istana Negara.‎ (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.