Sukses

51 Warga Bekasi Dilarikan ke RS, Diduga Keracunan Asap Pabrik

Diduga asap tersebut tidak bisa keluar dari saluran pembuangannya dan menyebar ke permukiman warga.

Liputan6.com, Bekasi - Sebanyak 51 warga dilaporkan keracunan diduga akibat asap mesin salah satu pabrik di Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat. Diduga asap tersebut tidak bisa keluar dari saluran pembuangannya dan menyebar ke permukiman warga.

Kapolres Bekasi Kombes Pol M Awal Chairuddin membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan, pabrik itu tengah melakukan uji coba pada mesin yang telah diperbaikinya.

"Betul, ada 51 orang yang dirawat. Intinya lagi ada trial dari pabrik yang nyoba alatnya. Dia mengetes mesinnya karena 2 minggu lalu mesinnya rusak yang seharusnya pembuangan asapnya ke atas, tapi ini berputar-putar di bawah ruangan sehingga terjadi keracunan," ujar Awal saat dihubungi di Bekasi, Jawa Barat, Senin (2/11/2015).

Akibat peristiwa tersebut, 51 warga langsung dilarikan ke Rumah Sakit Medirosa dan Rumah Sakit Mitra, Bekasi. Korban rata-rata menderita sesak napas, kejang-kejang, sakit kepala, hingga denyut nadi melemah.

"Tidak ada korban meninggal dunia dalam kasus tersebut. Saat ini kasusnya ditangani Polresta Bekasi," sambung dia.

Saat ini, aparat dari Polresta Bekasi telah mengamankan pabrik yang memproduksi pestisida, insektisida, herbisida, fungisida, furmolator, dan agro kimia itu. Pihaknya juga akan menerjunkan tim Laboratorium Forensik (Labfor) untuk mengetahui penyebab warga keracunan.

"Tim Labfor besok (Selasa 3 November 2015) akan turun lapangan. Intinya ada keracunan 51 orang sekarang sudah dibawa ke rumah sakit. Langkah-langkahnya amankan TKP, periksa saksi, dan menunggu Labfor besok pagi untuk memastikan mereka keracunan apa," pungkas Awal Chairuddin. (Ans/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.