Sukses

Ketum PAN: Kita Dukung Jokowi Tapi Tidak Masuk KIH

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan, jika ada anggapan PAN bergabung ke pemerintahan Jokowi-JK, itu hanya lelucon.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan, alasan pihaknya memutuskan bergabung dan mendukung Pemerintahan Jokowi karena ingin sama-sama membangun bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Meskipun menyatakan mendukung pemerintahan, Zulkifli menegaskan, PAN yang sebelumnya tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) tidak akan bergabung dalam koalisi pendukung pemerintah, Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

"PAN itu tidak KMP maupun KIH, kita politik jalan tengah. Saya bergabung dengan Pak Jokowi titik, KMP enggak," kata Zulkifli di ruang kerjanya, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini menegaskan, pihaknya enggan dikaitkan dengan KMP maupun KIH karena PAN menyatakan dukungannya terhadap pemerintah.

"Sebab PAN hanya memilih mendukung Presiden yang telah dipilih rakyat. Saya sudah bilang, saya koalisi dengan Presiden pilihan rakyat. Kalau kita teruskan KIH-KMP tidak akan terjadi keharmonisan membangun bangsa ini," papar Zulkifli.

Menurut mantan Menteri Kehutanan ini, KMP-KIH sekarang sudah tidak relevan lagi. Justru yang paling relevan, kta Zulkifli, adalah sama-sama membangun bangsa ini.

"Kalau mau bertarung di pemilu 2019 lah. Saya nggak setuju dari awal, koalisi ini kan dari dukung pilpres," tegas dia.

Zulkifli mengungkapkan, meskipun mendukung pemerintah namun PAN akan tetap kritis. Menurut dia, jika kebijakan pemerintah ada yang tidak sesuai, maka sudah seharusnya PAN maupun elemen masyarakat lainnya mengingatkan pemerintah.

"Saya pernah bilang langsung, Pak Jokowi saya akan dukung bapak, yang bagus-bagus saya dukung tapi saya bukan KIH. Kalau kita nanti masih KMP-KIH itu ada kaus kuning kaus merah, nggak jalan bangsa ini," tandas Zulkifli Hasan.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan, jika ada anggapan PAN bergabung ke pemerintahan Jokowi-JK, itu tidak lebih hanya sekedar lelucon.

"Soal KMP, KIH di DPR, isu PAN dukung pemerintah, itu semua cuma dagelan," ujar Amien di Bakrie Tower, Jakarta, Rabu 28 Otober lalu. (Dms/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.