Sukses

Sebelum Kabur, 14 Tahanan di Sumut Siram Petugas dengan Air Panas

Mereka kabur saat hendak kebaktian.

Liputan6.com, Medan- Sebanyak 14 tahanan melarikan diri dari Rutan Pancur Batu di Deli Serdang, Sumatera Utara. Mereka kabur setelah memukul petugas lapas yang saat itu akan membawanya untuk mengikuti kebaktian.

Kepala Cabang Rutan Pancur Batu Karyono mengatakan ke-14 tahanan dengan berbagai kasus tersebut berhasil melarikan diri karena menyiram air panas ke arah petugas.

‎"‎Sebelum kabur mereka sempat menyiram air panas ke petugas. Mereka mengambilnya dari kantin. Saat disiramkan, petugas kewalahan. Hal itu dimanfaatkan mereka untuk kabur," kata Karyono di Medan, Senin (2/11/2015).

Ia menjelaskan saat kejadian ada lima petugas yang berjaga, satu orang berjaga di pintu utama, satu orang di pos utama, dua orang di blok tahanan napi, dan satu lagi di pos atas.


"Petugas yang disiram air panas itu saat ini mengalami luka pada bagian kulit dan masih dalam perawatan tim medis," kata Karyono.

Sebelumnya, Kapolsek Pancur Batu Kompol Frido Gultom mengatakan ke-14 tahanan yang kabur merupakan tahanan berbagai kasus, yaitu narkoba, pencurian, pencabulan dan penadah.

"Mereka kabur saat hendak kebaktian. Mereka memukuli pegawai piket, merampas kunci, dan kabur dengan cepat," kata Frido saat dikonfirmasi Minggu, 1 November 2015.

Frido menerangkan kaburnya 14 tahanan tersebut terjadi sekitar pukul 08.45 WIB. Saat ini pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan pengejaran terhadap para tahanan yang kabur tersebut.

"Kita sudah bentuk tim yang bekerja sama dengan pihak rutan. Tim juga sedang melakukan pengejaran," kata Frido. (Nil/Ali)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini