Sukses

Adian PDIP: Pakai Masker, Pimpinan DPR Saat Muda Tak Pernah Demo

Adian mengaku prihatin melihat para pimpinan DPR mengejar popularitas dan pencitraan dengan memakai masker.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu mengkritik keras pemakaian masker pimpinan DPR saat rapat paripurna.‎ ‎Apalagi, masker dipakai saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, sehingga dianggap mengolok-olok lagu kebangsaan.

"Menggunakan masker dalam rapat paripurna menjadi sebuah penghinaan terhadap Indonesia, ketika masker tetap digunakan saat lagu Indonesia Raya dinyanyikan," kata Adian, dalam keterangan resminya, Jumat (30/10/2015).

‎Adian mengaku prihatin melihat para pimpinan DPR mengejar popularitas dan pencitraan dengan memakai masker. Menurut dia, aksi tersebut bak teatrikal yang dilakukan mahasiswa, dan tak pantas dilakukan di ruang sidang paripurna.

"Ketika aksi teaterikal itu justru dilakukan juga di saat paripurna oleh para pimpinan DPR. Maka sepertinya di masa muda mereka tidak pernah melakukan demonstrasi, termasuk aksi-aksi teaterikal," tegas mantan aktivis 1998 ini.

Sebagai legislator, Adian menilai, seharusnya cara yang dilakukan anggota dewan adalah merevisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang legitimasi pembakaran hutan.

"Selain merevisi UU, hal lain yang harusnya dilakukan oleh pimpinan DPR, harusnya memperjuangkan anggaran yang lebih besar untuk mencegah kebakaran hutan di kemudian hari," pungkas Adrian.

Sementara, Ketua DPR Setya Novanto sebelumnya beralasan, penggunaan masker para anggota dewan ini sebagai wujud empati kepada para korban kabut asap.

Meski mendapat hujan interupsi, Setya bergeming. Ia tetap percaya diri menggunakan masker yang dipakainya. Menurut dia, pemakaian masker supaya semua anggota dewan turun tangan membantu korban bencana kabut asap. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini