Sukses

Perangi Perubahan Iklim RI, Prancis Gelontorkan 1,7 Miliar Euro

Di Indonesia, Prancis melalui AFD mengambil langkah nyata untuk memerangi perubahan iklim sejak tahun 2007.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mendapatkan bantuan dari pihak asing, yakni Prancis, melalui Agence Francaise de Development (AFD).

Badan Prancis tersebut memberikan investasi dana untuk memerangi perubahan iklim di sektor energi, transportasi, sanitasi, perikanan, dan kehutanan. Dengan misi untuk mempromosikan pertumbuhan hijau dan inklusif serta melalui berbagai alat keuangan melalui hibah ke pinjaman, AFD bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung proyek-proyek yang memberikan dampak positif pada iklim.

"Di Indonesia AFD mengambil langkah nyata sejak tahun 2007. Sampai dengan tahun 2015, kami telah berkomitmen lebih dari 1,7 miliar euro. Yang terbesar dari negara lain," kata Direktur Departemen Asia AFD Pascal Pacaut dalam acara yang digelar di Hotel Pullman Jakarta, Selasa malam, 27 Oktober 2015.

Selain itu, AFD sebelumnya juga berkomitmen menggelontorkan 8 miliar euro untuk proyek dan program baru tahun 2014.

"Proyek-proyek yang didanai bertujuan untuk meningkatkan akses air minum, transportasi, dan energi memberikan pendidikan bagi anak-anak, meningkatkan kesehatan ibu, mempromosikan kesetaraan gender serta mendukung petani dan usaha kecil," ujar Pascal.

Pembiayaan tersebut juga membantu mengurangi gangguan iklim dengan menekan hampir 3,3 juta metrik ton karbondioksida setiap tahunnya.

AFD merupakan lembaga keungan pemerintah Prancis yang selama lebih dari 70 tahun telah bekerja untuk mengurangi kemiskinan dan mendorong pembangunan berkelanjutan di negara-negara berkembang. (Tnt/Mvi)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.