Sukses

Sejumlah Petinggi PAN Berkumpul, Bahas Reshuffle Kabinet?

Sempat dikabarkan Amien Rais dan Soetrisno Bachir kerap berkumpul membahas nama yang akan diajukan ke Jokowi sebagai menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah petinggi Partai Amanat Nasional datang ke DPR untuk bertemu Ketua Umumnya, Zulkfli Hasan. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah petinggi PAN yang hadir adalah Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais, dan Wakil Ketua Umum PAN lainnya Bara Hasibuan.

Saat ditanya apakah akan membicarakan reshuffle, Amin pun hanya menjawab singkat. "Nanti ya, nanti," ujar Amien yang langsung naik ke ruangan Zulkifli Hasan di Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta, Senin (26/10/2015).

Pertemuan tersebut berjalan tertutup selama kurang lebih 2 jam. Namun, Amien Rais yang ditunggu-tunggu pun, ternyata langsung pergi ke parkiran mobil tanpa menemui awak media.

Sementara itu, Hanafi Rais saat ditanya pun menegaskan tidak tahu apa isi pertemuan itu. "Tidak tahu saya, saya tidak tahu sama sekali," ungkap Hanafi.


Sementara, Bara Hasibuan pun menjelaskan pertemuan tersebut hanya kunjungan pribadi.

"Ini kunjungan pribadi bertemu Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum. Tidak ada membicarakan soal reshuffle. Ini bicara program PAN dan kunjungan Manado dan Surabaya," jelas dia.

Saat ditanya soal sikap partai pendukung pemerintah yang protes masuknya PAN ke dalam pemerintah, Bara pun menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo.

"Itu otoritas Presiden, kami tidak ikut campur dalam proses tersebut. Kami ikut dukung apapun keputusan Presiden," kata Bara.

Beberapa hari ini isu perombakan kabinet mulai ramai. Sejumlah menteri dikabarkan akan diganti. Di antaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PAN Soetrisno Bachir, kerap mengadakan pertemuan. Dalam pertemuan itu dikabarkan mereka telah menggodog tiga nama untuk diajukan sebagai menteri. (Nil/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.