Sukses

2 Pesawat Hercules Bantu Penanganan Asap di Timika Papua

Menurut Supartodi, pesawat tersebut bisa juga digunakan untuk mengangkut warga yang akan keluar dari Timika dan sebaliknya.

Liputan6.com, Jayapura - 2 Unit pesawat Hercules milik TNI AU, dikerahkan untuk membantu mengatasi masalah asap dan dampaknya di Timika papua. Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap, Brigjen TNI Supartodi membenarkan 2 Hercules untuk men-droping pasukan guna memadamkan titik api, salah satunya di Kabupaten Merauke.

Tak hanya itu, 2 Hercules juga diperbantukan untuk membantu maskapai penerbangan dalam mengangkut penumpang yang tertunda penerbangannya karena kabut asap.

"Sebanyak 100 prajurit TNI sudah di-droping dari Yonif 754 Timika ke Merauke, untuk membantu memadamkan titik api dan memperkuat pasukan di sana. 2 Hercules didatangkan juga untuk membantu pemerintah daerah dalam mengangkut warga yang akan bepergian, tetapi terganggu akibat asap,'' kata Supartodi, Minggu (25/10/2015)

Menurut Supartodi, pesawat tersebut bisa juga digunakan untuk mengangkut warga yang akan keluar dari Timika dan sebaliknya, karena Hercules bisa  terbang dalam jarak pandang minimal 200 meter.

Sejak dua pekan lalu, sejumlah maskapai penerbangan di Timika menunda penerbangannya dari dan ke Timika, ini dikarenakan kondisi jarak pandang di Bandara Mosez Kilangin, Timika yang hanya berjarak di bawah 1.500 meter. (Ron/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.