Sukses

Ini yang Dibahas Jokowi Bersama Mega Sebelum Bertolak ke AS

Perbincangan Jokowi dan Mega berlangsung tertutup selama sekitar lebih dari 2 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Merdeka, Jakarta. Sekitar lebih dari dua jam pertemuan tertutup itu dilakukan.

Jokowi mengaku membahas sejumlah hal yang saat ini menjadi perhatian publik. ‎

"Saya menerima Ibu Megawati hampir 2 jam. Bersama dengan Pak Sekjen PDIP, kami berbincang masalah yang terkait ekonomi, perlambatan ekonomi di negara kita, dan masalah-masalah yang berkaitan dengan kebakaran hutan dan asap," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (24/10/2015).

Menurut dia, 2 persoalan itulah yang menjadi pembahasan utama dalam pertemuannya kali ini dengan Presiden ke-5 RI itu.

"Dua hal itu yang secara intens dibicarakan, sehingga memakan waktu hingga 2 jam," ucap ayah 3 anak itu.

Sementara itu, Megawati mengungkapkan kedatangannya ke Istana merupakan undangan dari Presiden Jokowi. Selain membahas 2 hal tersebut, Mega mengaku juga melaporkan hasil perjalanannya ke Republik Rakyat Tiongkok (RTT) dan Korea Selatan beberapa hari lalu.

‎"Saya hari ini dipanggil Presiden karena beliau akan pergi ke Amerika Serikat, sehingga beliau minta kepada saya bisa bincang sedikit, antara lain masalah ekonomi, dampak kebakaran yang kelihatannya masih harus segera diatasi. Tapi selain itu, saya menceritakan perjalanan saya (ke Korsel dan China)," ucap Mega.

Mega mengaku melaporkan hasil kunjungannya saat menghadiri Konferensi ‎International Conference of Asian Political Parties (ICAPP) yang merupakan wadah gabungan partai politik negara-negara se-Asia Pasifik.  Mega juga menyampaikan dirinya mendapatkan gelar doktor kehormatan dari sebuah kampus di Korea Selatan.

"Konferensi ICAPP ‎ yang membincangkan banyak masalah di dunia, dan saya beri masukan pada Presiden hasil ICAPP itu yang seperti sebuah organisasi semi govermental, demikian saya bicara secara bilateral dengan RRC dan Korsel, saya banyak ketemu pemuka RRC antara lain Presiden Xi Jinping. Dan saya menerima Doktor Honoris Causa," tandas Mega.

Pagi tadi, Jokowi sempat bertolak ke Kota Solo, Jawa Tengah untuk melayat neneknya Sani Wirorejo ‎yang wafat pada usia 100 tahun. Usai melayat, Jokowi kemudian kembali ke Jakarta pada pukul 10.00 WIB.

Siang tadi dia bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana, Jakarta. Usai bertemu Mega, Jokowi selanjutnya akan bertolak menuju ke Amerika Serikat melalui Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 17.45 WIB.‎ (Ndy/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.