Sukses

Imigran Asal Afganistan Dipindah dari Yogyakarta

Tidak ada satu petugas pun yang bersedia dimintai keterangan ke mana para imigran itu dipindahkan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Puluhan imigran asal Afghanistan yang berada di Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta akhirnya dipindah. Para imigran yang berjumlah 27 orang ini dikawal Dinas Sosial Yogyakarta dan Internasional Organization of Migration (IOM), dengan menggunakan bus milik kepolisian.

Saat di BBLM, selain Dinas Sosial dan polisi, tampak juga sejumlah petugas dari Dinas Imigrasi dan Kantor Wilayah Kemenkumham Yogyakarta.

Anehnya, tidak ada satu petugas pun yang bersedia dimintai keterangan ke mana para imigran itu dipindahkan. "Kami memiliki keterbatasan informasi. Maaf," kata seorang petugas IOM Rabu 21 Oktober 2015.

Setelah semua imigran berada di dalam bus, polisi pun mengawal keberangkatan bus tersebut. Sampai di perbatasan Yogyakarta-Magelang, Jawa Tengah, rombongan polisi dan bus imigran terus berjalan.

Diketahui imigran asal Afganistan ini sebelumnya diantar IOM ke Balai Pemuda Ambarbinangun, Kasihan, Bantul. Tetapi keberadaan puluhan imigran ini diprotes massa Forum Umat Islam Yogyakarta, karena informasinya para imigran ini menganut paham Syiah. Lalu imigran ini dipindahkan ke Polres Bantul, kemudian ke Dinsosnakertrans Yogya, dan terakhir di BBLM Yogyakarta. (Sun/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.