Sukses

Kabupaten Pegunungan Bintang Minta Trigana Diizinkan Terbang

Kini masyarakat yang ingin masuk atau keluar Pegunungan Bintang sangat sulit karena hanya ada 2 penerbangan tersedia.

Liputan6.com, Jayapura - Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang meminta Menteri Perhubungan segera mengeluarkan izin terbang sebuah pesawat Trigana yang akan melayani jalur Jayapura-Oksibil.

"Trigana sudah membeli 1 unit ATR 42-200. Itu sudah ada di Halim Perdanakusuma. Saya akan ke Jakarta untuk menghadap Menteri Perhubungan supaya izinnya cepat keluar untuk membantu di sana," ujar Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang Welington Wenda di Jayapura, Sabtu (17/10/2015).

Welington mengungkapkan, setelah pesawat Trigana ATR 42-300 jatuh 16 Agustus 2015, kini daerahnya kesulitan dalam hal transportasi.

"Jadi di Pegunungan Bintang itu satu-satunya angkutan umumnya adalah penerbangan, ketika pesawat Trigana itu jatuh, daerah sebenarnya shock dan pengaruhnya untuk angkutan logistik dan penumpang," kata Welington.

Kini masyarakat yang ingin masuk atau keluar Pegunungan Bintang sangat sulit karena hanya ada 2 penerbangan tersedia.

"Untuk kondisi kini, pegawai atau masyarakat yang mau datang paling cepat antrenya 1 minggu sehingga ada sebagian pegawai yang menggunakan jalur Merauke. Jadi, terbang ke Merauke, kemudian jalan darat sampai ke Boven Digoel dan lanjut dengan pesawat Cesna Caravan dari Boven Digoel ke Pegunungan Bintang," beber Welington.

Yang terparah akibat kondisi ini adalah melonjaknya harga barang karena pasokan logistik menjadi sangat terbatas.

"Kemudian untuk angkutan barang dampaknya besar, harga naik luar biasa. Kalau beras yang lalu Rp 40 ribu per kilo sekarang harganya sudah jadi Rp 90 ribu," kata Welington. (Ant/Ron/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini