Sukses

The Jak Mania Tak Hadir, Polisi Fokuskan Penjagaan di Jalan

Penjagaan polisi di titik rawan bentrok para pendukung kesebelasan nyaris tidak ada. Karena The Jak Mania menyatakan tidak datang ke GBK.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Martuani Sormin mengatakan, pihaknya tidak mempersiapkan penjagaan khusus bagi pendukung Persija, The Jak Mania, yang ikut hadir di arena final Piala Presiden di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Babak final Piala Presiden 2015 sendiri akan menyuguhkan pertandingan antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC pada Minggu malam (18 Oktober 2015) pukul 19.00 WIB di Stadion Utama GBK. Ribuan suporter dari dua kesebelasan dipastikan akan memadati Jakarta.

"Mereka (The Jak Mania) sudah kami tanya, katanya tidak datang ke GBK. Jadi penjagaan kita di titik rawan bentrok supporter tidak ada. Kami hanya mengawal supporter yang dari luar Jakarta," ujar Martuani ketika dihubungi Liputan6.com, Kamis (15/10/2015).

Martuani menjelaskan, supporter Persib Bandung yang datang dari Kota Kembang akan dikawal personel Polda Jabar hingga ke perbatasan wilayah yaitu di Cikampek. Selanjutnya, personel Polda Metro Jaya akan mengawal para supporter dari Tol Cikampek sampai ke GBK.

"Begitu juga (pendukung) yang dari Bogor lewat Tol Jagorawi dan Sawangan Depok, akan dikawal oleh polres dan polsek di daerah kawasan penyangga," imbuh dia.

Dituturkan Martuani, penjagaan akan tersebar merata di tempat peristirahatan (rest area) jalan tol yang dilalui konvoi kendaraan para pendukung, serta di jembatan-jembatan untuk menghindari aksi provokasi lempar batu.

"Penjagaan di sepanjang jalan yang mereka (supporter) lewati, seperti di rest area dan jembatan-jembatan untuk mencegah ada yang melempar batu untuk provokasi supporter," pungkas Kombes Martuani.

Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Ipung Purnomo menjelaskan, pengawalan terhadap The Jak Mania bersifat situasional.

Meskipun koordinator lapangan The Jak Mania mengatakan tidak akan menghadiri pertandingan final di GBK, Ipung menegaskan, polisi lalu lintas akan disiagakan untuk berbagai kemungkinan.

"Tim mereka (Persija) kan tidak masuk (final), jadi kemungkinan tidak akan seramai biasanya The Jak Mania hadir. Tapi kami tetap siagakan personel, jadi jika ada pergerakan dari lumbung-lumbung The Jak Mania, aparat akn turun mengamankan," tandas Ipung.

Pengamanan arus lalu lintas sendiri, tambah Ipung, dilakukan di titik-titik persimpangan jalan yang biasa dilalui rombongan besar pasukan oranye ini, seperti di sekitar Lebak Bulus Jakarta Selatan dan Kemayoran Jakarta Pusat.

"Polisi lalu lintas disiagakan terutama di perempatan jalan. Kita akan minta juga kepolisian setempat untuk mengetahui pergerakan The Jak, datang atau tidak," tutup AKBP Ipung. (Dms/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini