Sukses

3 Polisi Disidang Disiplin Terkait Tambang Lumajang

Ketiganya adalah Ajun Komisaris SM (mantan Kapolsek Pasirian), Aipda SP (Babinkamtibmas) dan Aipda SH (Kanit Serse).

Liputan6.com, Jakarta - 3 Anggota Polsek Pasirian disidang disiplin untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Mereka diduga menerima setoran uang suap dari aktivitas tambang pasir di Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"(Ketiganya) disidang disiplin. Nanti sidang dilanjutkan hari Kamis," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Kombes Suharsono di Mabes Polri, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Menurut dia, dalam sidang itu telah diperiksa 3 saksi. Yakni kepala desa Haryono, seorang staf kepala desa dan seorang pekerja tambang.

Kabidhumas Polda Jatim Kombes RP Argo Yuwono mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa ketiga polisi ini menerima uang suap dari aktivitas tambang pasir ilegal di wilayah itu.

"Sidang disiplin itu menyatakan bahwa anggota ini tidak melakukan tugas dan fungsinya di kepolisian, intinya melanggar," ujar Argo.

Ketiganya adalah Ajun Komisaris SM (mantan Kapolsek Pasirian), Aipda SP (Babinkamtibmas) dan Aipda SH (Kanit Serse).

Pemeriksaan ketiganya dilakukan sebagai bagian dari pengusutan kasus pembunuhan seorang aktivis antitambang di Lumajang, Salim Kancil.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti sudah membantah bahwa ketiga polisi tidak ada kaitannya dengan kematian Salim Kancil.

"Ini tidak ada kaitannya (dengan pembunuhan Salim Kancil). Kita harus ada fakta hukum. Beda antara suap dan pembunuhan. Kalau ada fakta hukum mengatakan seperti itu pasti akan kita cari," ujar Badrodin.

2 Warga Desa Selok Awar-awar, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Salim Kancil dan Tosan dianiaya sekelompok orang karena menolak penambangan pasir ilegal di sekitar Pantai Watu Pecak, Kabupaten Lumajang, pada Sabtu 26 September 2015. Salim Kancil meninggal dunia sedangkan Tosan kritis.

Polda Jawa Timur telah menetapkan 37 tersangka dalam kasus pembunuhan dan penganiayaan 2 aktivis antitambang ini. 24 orang ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Salim Kancil dan penganiayaan Tosan, sedangkan 13 tersangka lainnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tambang ilegal. (Ant/Ali/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini