Sukses

Saat Mensos Berbagi Nasihat Gus Dur pada Anak Panti Asuhan

Nasihat dibagikan saat Khofifah menyambangi Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Tunas Bangsa dalam kunjungan kerjanya di Pati, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - "Be your self and do the best." Itulah nasihat Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur semasa hidupnya kepada Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Khofifah pun membagi nasihat itu kepada ratusan penghuni Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Tunas Bangsa dalam kunjungan kerjanya di Pati, Jawa Tengah.

"Bu Khofifah dulu sering kali ikut mendampingi Gus Dur, beliau menasihati Ibu untuk 'Be your self and do the best'. Kata Gus Dur, 'Kalian itu jadi dirimu nak, tidak usah menjadikan diri kita seperti orang lain. Lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan'. Jadi kalau ada yang mem-bullying kita karena keadaan, tolong kuatkan imanmu," ucap Khofifah di Pati, Minggu 11 Oktober 2015.

Khofifah mengatakan, kalimat yang sering kali dilontarkan Gus Dur itu selalu diterapkannya dalam perjalanan hidupnya. Ia berharap, anak-anak di panti asuhan tersebut dapat bersyukur dengan apa yang telah dianugerahkan Sang Pencipta kepada mereka dan tidak merasa kecil hati serta iri melihat kehidupan orang lain yang lebih beruntung dari mereka.

"Tempatkan diri kita, 'Inilah saya, saya harus bersyukur. Ini rizki saya. Ke depan saya harus siapkan diri sebaik-baiknya agar sukses'. Jangan kemudian ada temannya diantar mobil, bawa laptop baru, bawa handphone baru, lalu kita berkecil hati," ujar Khofifah memotivasi anak-anak panti.

Ia menambahkan, anak-anak harus memiliki niat mendekatkan diri dengan agama melalui ibadah puasa dan rutinitas doa. Misalnya, anak-anak yang beragama Islam dan sudah berusia 14 tahun dapat membiasakan diri untuk puasa Senin-Kamis dan salat Istikhara agar mendapat bimbingan dari Yang Maha Kuasa.

"Kalau boleh Bu Khofifah usul, yang sudah kelas 2 SMP, mulailah puasa Senin-Kamis untuk diri kalian sendiri manfaatnya. Mulailah salat Istikhara, sehingga ada gerakan Allah dalam firasat kita. Semoga Allah anugerahkan kesuksesan dan keselamatan untuk anak-anak," pungkas Mensos Khofifah. (Ans/Mvi)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini