Sukses

Jelang Upacara Hari Kemerdekaan RI, Tamu Penuhi Istana Merdeka

Upacara akan ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, bedug di masjid/langgar, dan lonceng di gereja selama 1 menit.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tinggal beberapa menit lagi. Senin (17/8/2015) pagi, tamu-tamu peserta upacara sudah berdatangan dan mengisi tempat duduk yang sudah disediakan di Istana Merdeka, Jakarta. Terlihat anggota parlemen, veteran, para duta besar negara sahabat, dan mantan wakil presiden RI.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Berdasarkan jadwal yang diterima Liputan6.com, acara dimulai pukul 09.58 WIB yakni penghormatan kebesaran, kemudian pukul 09.59 WIB laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, dan kemudian tepat pukul 10.00 peringatan detik-detik Proklamasi.

Upacara akan ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, bedug di masjid/langgar, dan lonceng di gereja selama 1 menit. Kemudian pukul 10.02 WIB persiapan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI Setya Novanto.

Berlanjut pukul 10.05 WIB, tanda kebesaran buka, dan pukul 10.06 WIB pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI Setya Novanto. lalu pada pukul 10.07 WIB tanda kebesaran tutup, kemudian pukul 10.08 WIB mengheningkan cipta.

Usai pembacaan doa, acara berlanjut pada pengibaran Sang Merah Putih yang diserahkan kepada Komandan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, lalu laporan Komandan Paskibraka, peyerahan bendera negara Sang Merah Putih oleh Inspektur Upacara kepada Pembawa Bendera, penghomatan kepada Sang Merah Putih, dan laporan Komandan Paskibraka.

Selanjutnya pada pukul 10.30 WIB berlangsung Fly Pass pesawat temput TNI AU, kemudian persembahan lagu-lagu oleh paduan suara dan okrestra Gita Bahana Nusantara. Acara kemudian ditutup dengan laporan Perwirara Upacara kepada Inspektur Upacara pukul 11.04 WIB setelah Presiden, Ibu Negara dan Wapres serta ibu meninggalkan tempat upacara. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini