Sukses

Lanny Jaya Darurat Embun Beku, Jokowi Kirim 50 Ton Pangan

"Tetapi sekarang berhenti di Wamena, karena masalah cuaca yang sangat buruk," kata Jokowi.

Liputan6.com, Solo Bencana alam hujan es melanda Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua. Kabupaten Lanny Jaya sudah berstatus Darurat Embun Beku. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun mengirim 50 ton bantuan pangan.

"Bantuan pangan untuk warga di Papua itu sudah dikirim sebanyak 50 ton, tetapi sekarang berhenti di Wamena, karena masalah cuaca yang sangat buruk," kata Jokowi di sela pembagian sembako dan buku di Pasar Klitikan Notoharjo, Solo, Sabtu (18/7/2015).

Untuk mengangkut bantuan sebanyak 50 ton yang terdiri atas berbagai macam bahan pangan itu, jelas Jokowi, menggunakan pesawat terbang. Tetapi cuaca di sana sekarang ini kurang bagus.

"Ya untuk itu dengan berat hati sementara bantuan pangan itu berhenti dulu di Wamena. Nanti kalau cuaca baik akan langsung diangkut kembali untuk dibawa ke Distrik Kuyawage," ucap Jokowi.

Mengenai hujan es pada 3-5 Juli 2015 di 2 distrik lainnya, yakni Wanua Barat dan Gua Bali yang juga ditetapkan sebagai daerah darurat, Jokowi menyatakan itu sudah dilakukan oleh bupati setempat dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Hujan es yang melanda di distrik tersebut meliputi sekitar 26 kampung. Bencana alam suhu dingin ini memicu gagal panen dan merenggut korban jiwa. (Ant/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.