Sukses


Irgan MPR: Pancasila Buat Bangsa Ini Mampu Bertahan dari Masalah

"Karena itulah kita harus menjaganya dengan baik, jangan lengah," ucap dia.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak negara-negara asing yang menganggap Indonesia pasti bangkrut atau pecah. Anggapan sinis itu keluar karena banyak negara luar yang tidak mengerti kekuatan ideologi yang mempersatukan Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Pimpinan Fraksi PPP MPR, Irgan Chairul Mahfiz, dalam seminar nasional empat pilar MPR dengan tema "Masyarakat Agama dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama dan Keutuhan NKRI" di Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara, Rabu (8/7/2015 ). Acara itu diikuti sekitar 200 peserta dari masyarakat umum seputar Jakarta Utara.

"Alhamdulillah, walaupun banyak permasalahan yang melanda Indonesia, kita mampu bertahan. Perekonomian kita berjalan dengan baik," ujar Irgan.

Anggapan sinis masyarakat dunia terhadap Indonesia, lanjut Irgan, disebabkan mereka tidak memahami kekuatan bangsa Indonesia yang mampu merekatkan bangsa yang beragam, yakni Pancasila.

"Kita jangan khawatir, bangsa ini hebat luar biasa karena Pancasila. Karena itulah kita harus menjaganya dengan baik, jangan lengah," ucap dia.

Persatuan bangsa dan menyatunya bangsa Indonesia yang sangat kuat harus betul-betul dijaga dan dikawal. Sebab, banyak contoh negara kuat yang besar bisa pecah berantakan karena rongrongan dari dalam dan luar seperti negara Uni Soviet.

"Biarlah mereka, tapi Indonesia jangan sampai seperti itu. Bangsa ini jangan sampai pecah. Kita harus kawal dan jaga," kata dia.

Caranya, lanjut Irgan, yaitu dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa, yakni Pancasila, UUD, Kebhinnekaan, dan NKRI. "Sebab, jika lengah dan gagal mengawal persatuan bangsa ini, saya tidak tahu apa yang akan terjadi nanti dan yang pasti sangat negatif," tandas Irgan. (Ali/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.