Sukses

Ahok Terima Bus Sumbangan untuk Warga Keliling Jakarta

Usai penandatangan penyerahan bus, Ahok beserta rombongan menuju bus tingkat yang diparkir di halaman pendopo Balaikota.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Jakarta bakal bisa menikmati bus baru lagi untuk transportasi umum. Bus buatan Eropa ini nantinya akan melengkapi armada bus pariwisata yang telah ada, untuk mengantarkan warga berkeliling Ibukota.

Bus pariwisata ini merupakan hasil corporate social responsibility (CSR) dari PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart). Sumbangan ini diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Usai penandatanganan penyerahan bus, Ahok beserta rombongan menuju bus tingkat yang diparkir di halaman pendopo Balaikota. Dia langsung naik melalui pintu tengah bus bernuansa biru khas Transjakarta.

Begitu masuk, dia langsung menaiki lantai 2 bus. Kursi paling belakang dipilih untuk berbincang dengan Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, dan Dirut PT Transjakarta, Antonius Kosasih.

"Ini sudah pas ini tingginya," kata Ahok di lokasi, Jakarta, Jumat (26/6/2015).

(Ahmad Romadoni/Liputan6.com)

Sesuai Standar

Setelah 5 menit berbincang di lantai atas bus, Ahok lalu turun dan menuju ke kursi sopir. Dia duduk tepat di samping sopir dan berbincang.

"Dengan ini, akan banyak festival yang dinikmati warga Jakarta. Mungkin nanti perusahaan lain juga nyumbang," kata Ahok dalam sambutannya.

CSR memang menjadi sasaran Ahok untuk memenuhi kebutuhan bus di Jakarta. Bukan untuk meminta-minta, sambung dia, tapi untuk membuat standar pembelian barang di Jakarta.

"Saya suka CSR karena biar saya punya standar bus seperti apa punya standar harga masuk e-catalog LKPP. Anda enggak usah cek pabrik cek faktur pajaknya saja. Jadi kita enggak usah berdebat sudah ada model," jelas Ahok.

Sementara, Solihin mengatakan, bus ini bermesin Mercedes Benz asal Jerman dan dirakit dengan karoseri dalam negeri di Magelang. Beberapa penyesuaian desain juga dilakukan untuk melayani kebutuhan bagi warga disabilitas.

"Bus ini didesain spesifik sesuai dengan standar City Tour yang telah beroperasi. Semoga dengan bertambahnya bus pariwisata ini, sektor pariwisata di Ibu kota dapat lebih berkembang," jelas Solihin.

Kedatangan bus ini melengkapi bus pariwisata yang telah ada. Terhitung dalam 1 pekan ini, 2 bus pariwisata baru hasil CSR perusahaan tiba dan diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta.

Pada Senin 22 Juni 2015, perusahaan Coca Cola menyerahkan satu bus tingkat Pariwisata dengan mesin MAN. Sebagai gantinya, Pemprov mengizinkan perusahaan memasarkan produknya dalam bentuk iklan dan menjadikan bus sebagai billboard. (Ndy/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta