Sukses

Ahok Ingin GO-JEK Jadi Feeder Bus Transjakarta

Dengan penggabungan sistem ini, warga bisa melihat Bus Transjakarta tiba pukul berapa di halte tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem transportasi melalui aplikasi smartphone seperti GO-JEK menarik perhatian Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dia ingin memasukan sistem itu ke smart city agar bisa dijadikan feeder atau pengantar penumpang menuju halte bus Transjakarta.

"Iya kita minta begitu supaya jadi salah satu feeder. Kita ingin yang naik GO-JEK bisa baca," kata Ahok di Balaikota, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Dengan penggabungan sistem ini, warga bisa melihat Bus Transjakarta tiba pukul berapa di halte tertentu. Sistem semacam waze.com itu nantinya akan dibuat oleh para pemenang Jakarta Urban Challenge pada penyelenggaraan New Cities Summit 2015.

"Misalnya ke Ancol, jadi dengan sistem yang baru bisa kasih tahu posisi jalan kaki, naik bus, naik Transjakarta, nyeberang jalan, naik ojek, dan lain-lain. Jadi bisa ngitung waktu buat kita jadi harus ada kombinasi bus, ojek, taksi, kereta sampai ke jalan kaki," jelas Ahok.

Masalah utama saat ini, kata Ahok, belum terpenuhinya jumlah bus di Jakarta. Setelah bus terpenuhi, seluruh transportasi di Jakarta bisa diintegrasikan.

"Ini sudah ketemu masalahnya, bus kami yang baru belum datang. Kalau sudah nanti ada GPS jadi GO-JEK bisa masukan," pungkas Ahok. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.
    PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.

    GoJek

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta