Sukses

Bunga Raksasa Rafflesia Arnoldii Mekar Cantik di Hutan Bengkulu

Diameter bunga Rafflesia itu mencapai 80 centimeter dan masih dapat dinikmati hingga 4 hari ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Bunga raksasa Rafflesia arnoldii kembali mekar dengan sempurna di habitat aslinya. Bunga berbau busuk itu nampak cantik bertengger di Hutan Lindung Bukit Daun, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.

"Mulai mekar sejak kemarin (14 Juni 2015) tapi mekar sempurna hari ini," kata koordinator Kelompok Peduli Puspa Langka Tebat Monok, Holidin di Kepahiang, Bengkulu, Senin (15/6/2015).

Dia mengungkapkan, diameter bunga itu mencapai 80 centimeter dan masih dapat dinikmati hingga 4 hari ke depan. Untuk melihat bunga terbesar di dunia itu, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 300 meter ke dalam hutan.

Kelompok masyarakat ini memang rutin memantau kawasan Hutan Lindung Bukit Daun. Hal ini untuk perlindungan dan pelestarian bunga langka yang menjadi ikon Bengkulu itu.

"Masih ada calon bunga yang siap mekar dalam 5 hari ke depan dan rutin kami pantau," ujar dia.

Sementara itu koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan mengatakan, pada kurun Januari-Juni 2015, ada 25 kuntum rafflesia yang mekar.

"Sebagian besar mekar di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun," kata Sofian.

Selain di HL Bukit Daun, lokasi bunga mekar juga ditemukan di Cagar Alam Taba Penanjung di Kabupaten Bengkulu Tengah dan kawasan hutan di Kabupaten Kaur.

Penasaran ingin melihat kecantikan Rafflesia arnoldii? (Ant/Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini