Sukses

Ketua DPD Irman Gusman Terkenal di Korea Selatan

Kunjungan Gubernur ‎Kung Pil merupakan balasan atas kedatangan Irman Gusman ke Korea pada November 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman menerima kunjungan Gubernur Provinsi ‎Gyeonggi Korea Selatan Nam Kung Pil di gedung nusantara III DPD. Kunjungan Gubernur ‎Kung Pil merupakan balasan atas kedatangan Irman Gusman ke Korea pada November 2014.

Kung Pil yang datang bersama beberapa jajarannya dan Kepala Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia ‎Taiyoung Cho itu juga disambut oleh Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad. Dan beberapa anggota DPD dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, serta Jawa Barat.

Pantauan Liputan6.com, Senin (11/5/2015), walau dibalut dalam suasana formal, namun pertemuan delegasi Korea Selatan dengan para senator itu berlangsung cair.

Kung Pil bahkan sempat melempar guyonan kepada Irman. Dalam candanya, dia mengatakan Irman merupakan seorang politisi Indonesia yang dikenal di Korea selain Jokowi.

"Bapak merupakan salah seorang Indonesia yang cukup dikenal di Korea selain Presiden Jokowi," ucap Kung Pil melalui penerjemah dari Kedutaan Korea.

"Karena Anda begitu terkenal, makanya kami tunggu kedatangan Anda lagi ke Korea. Asalkan setelah di Korea nanti jangan mencalonkan diri sebagai Presiden Korea," lanjut Kung Pil disambut tawa para hadirin yang ikut dalam pertemuan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Irman mengaku menyambut baik kedatangan Gubernur Kung Pil. Menurut dia, Gyeonggi di bawah pimpinan Kung Pil merupakan salah satu kota termaju di Asia yang patut dicontoh oleh provinisi-provinsi di Indonesia.

"Ini provinsi kaya dan maju sekali, provinsi ini berbatasan dengan Seoul, jadi gubernurnya antusias sekali tingkatkan kerjasama dengan provinsi di Indonesia, terutama tertarik kerjasama dalam bidang high tech, karena Hyundai, Samsung ada di sana, dan tentu menurut kami bisa lakukan kerjasama, yang diprioritaskan provinsi-provinsi yang berada di Jabodetabek, Jakarta, Banten, dan Jawa Barat," ujar dia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Irman mengaku pihaknya akan kembali melanjutkan pertemuan lanjutan dengan pemerintah Gyeonggi.

"Makanya kita minta pertemuan lanjutannya, karena Juli nanti saya akan memimpin delegasi Indonesia untuk pertemuan 5 negara parlemen, Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, dan Australia. Kita akan berkunjung ke sana," tandas Irman. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.