Sukses

Batu Pancawarna Bergambar Bunga Lili untuk Iriana Jokowi

Proses pengerjaan liontin batu pancawarna untuk cinderamata para delegasi Konferensi Asia Afrika (KAA) dari berbagai negara terus dilakukan.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat bakal menghadiahi batu akik kepada para delegasi negara sahabat yang menghadiri peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 24 April 2015.

Proses pengerjaan ratusan liontin batu pancawarna untuk cinderamata para delegasi KAA dari berbagai negara terus dilakukan para pengrajin batu di Garut, Jawa Barat.

Di antara liontin untuk para tamu, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (18/4/2015), ada 1 liontin yang khusus dibuatkan untuk Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang berharga ratusan juta rupiah.

Liontin ini bergambar setangkai bunga lili. Makna dari bentuk bunga tersebut menurut sang pengrajin batu asal Garut, Yudi Nugraha agar Ibu Negara menjadi bunga bangsa yang bisa menyayangi rakyat kecil.

Sebanyak 120 liontin ini berasal dari 1 bongkah batu pancawarna Garut seberat 60 kilogram dan berharga 300 juta. Berbeda dengan jenis batu dari daerah lain, batu pancawarna asal Garut ini berasal dari fosil kayu yang tertimbun jutaan tahun silam di perut bumi.

Keunikan batu pancawarna adalah bisa membentuk sebuah lukisan abstrak yang menyerupai hewan, manusia, huruf, serta bentuk-bentuk lainya. (Mar/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.