Sukses

Bahas Badrodin Haiti, Kompolnas Hadiri Rapat Komisi III

Komisioner Kompolnas Adrianus Meliala mengatakan, selain pencalonan Badrodin Haiti, juga membahas soal Perppu KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III menggelar rapat bersama Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), membahas Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri.

Ketua Kompolnas yang juga menjabat Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno hadir bersama wakilnya yang juga menjabat sebagai Mendagri, Tjahjo Kumolo.

Tedjo mengatakan hadir untuk memenuhi undangan Komisi III DPR menjelang fit and proper test Badrodin.

"Saya selaku ketua Kompolnas hadir untuk memenuhi panggilan Komisi III. Rencananya kan, Kamis mau fit and proper Badrodin, jadi kita datang," ujar Tedjo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Senada, Tjahjo juga menegaskan hadir untuk menjawab pertanyaan Komisi III terkait Badrodin.

"Kami ke sini mau menjawab pertanyaan dari Komisi III dan ini satu rangkaian dengan fit and proper test Badrodin," kata dia.

Sementara Komisioner Kompolnas Adrianus Meliala mengatakan, selain pencalonan Badrodin, juga membahas soal Perppu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"2 Hal mengenai pencalonan Badrodin Haiti dan pendapat Kompolnas soal Perppu KPK," kata dia.

Menurut Adrianus, tidak ada yang luar biasa dari pertemuan ini. Sebab pernah juga dilakukan saat pencalonan Kapolri Jenderal Sutarman sebelumnya.

"Saya kira hal yang biasa, setahun lalu sebelum fit and proper test Sutarman, Kompolnas diundang memberikan pendapatnya. Ini semacam tradisi," pungkas Adrianus.

Komjen Pol Badrodin Haiti dicalonkan menjadi Kapolri, setelah Komjen Pol Budi Gunawan batal dicalonkan, setelah ditetapkan tersangka oleh KPK terkait dugaan kasus rekening tidak wajar.

Budi Gunawan akhirnya memenangkan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun pencalonan Kapolri digantikan Badrodin Haiti oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Rmn/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.