Sukses

Bangunan Sun Plaza di Medan Runtuh, Pengunjung Panik

Saat sedang dalam proses pengerjaan, bioskop yang terletak di lantai 4 tersebut roboh sekitar pukul 16.00 WIB.

Liputan6.com, Medan - Renovasi gedung bioskop di Sun Plaza, Jalan Zainul Arifin, Medan, Sumatera Utara terpaksa diberhentikan sementara. Saat sedang dalam proses pengerjaan, bioskop yang terletak di lantai 4 tersebut roboh sekitar pukul 16.00 WIB.

Saat itu terdengar suara seperti gempa yang membuat para pengunjung panik dan berlarian.

"Keras kali (sekali) tadi saya dengar suara ambruknya itu, kami kira gempa, sampai lantai dasar serpihan-serpihannya," ucap seorang pengunjung mal bernama Lia di Medan, Sumatera Utara, Senin (30/3/2015).

Sementara Rahmat, karyawan salah satu toko mengaku mendengar bunyi dentuman mirip gas meledak. Dia juga mengira ada kebakaran di mal tersebut lantaran melihat asap di lantai dasar.

"Tadi kami dengar ada suara keras, ada yang bilang kebakaran kami langsung lari ketakutan," ujar Rahmat.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa akibat kejadian itu. Namun sejumlah kerusakan terjadi di setiap lantai. Beberapa pembatas kaca dekat eskalator pun berpecahan.

Seorang pramuniaga di salah satu gerai, Susi mengatakan, bangunan bioskop di Sun Plaza memang tengah direnovasi sejak 9 bulan lalu. "Rencananya dibuka bulan 10, tapi ditunda terus sampai sekarang. Sepertinya yang sedang dibangun itu yang runtuh," tutur Susi.

Sementara, pihak manajemen mal yang diwakili Joseni mengatakan, bangunan yang runtuh adalah konstruksi untuk membangun eskalator ke bioskop di lantai 4. "Konstruksi itu rencananya untuk eskalator ke bioskop. Penyebabnya saya belum bisa prediksi. Saya lagi cek ke orang proyeknya tapi belum clear. Kalau soal korban, sampai saat ini kami belum menemukan," jelas Joseni.

Selain Joseni, Asst Marcomm Manager Sun Plaza, Elphiera Chrustie juga mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan mengenai penyebab ambruknya gedung bioskop tersebut. Dia masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut dari pihak kepolisian.

"Kita belum bisa kasih keterangan, nanti saja tunggu dari pihak kepolisian, sabar ya," ucap Elfira.

Pantauan di lokasi, sejumlah petugas tengah membersihkan sisa-sisa reruntuhan dan pecahan kaca. Lokasi di setiap lantai pun dipasangi garis pembatas. Petugas Polsek Medan Baru pun turun ke lokasi untuk melakukan olah TKP. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini