Sukses

Gunung Soputan Diduga Munculkan Kubah Lava

Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulut, diduga telah memunculkan kubah lava yang ditandai dengan tremor-tremor harmoni.

Liputan6.com, Tomohon - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, diduga telah memunculkan kubah lava yang ditandai dengan tremor-tremor harmoni.

"Kami memerkirakan ada material yang naik ke permukaan dan sementara membangun seperti kubah lava. Aktivitas gunung ini memang masih aktif dengan kegempaan fluktuatif," ujar pengamat Pos Pengamatan Gunung Soputan, Mando saat dihubungi di Tomohon, Sabtu (14/3/2015).

Mando mengatakan, pascaletusan 7 Maret lalu aktivitas kegempaan mulai menurun, dan tidak ada letusan-letusan susulan. Walaupun begitu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan status Siaga III.

"Radius bahaya yang ditetapkan masih 6,5 kilometer dari kawah diharapkan tidak ada aktivitas karena sangat membahayakan keselamatan jiwa. Mudah-mudahan radius bahaya ini dipatuhi," harap dia.

Pada Sabtu pukul 00.00 WITA-06.00 Wita terekam 6 kali gempa vulkanik dalam, 8 kali gempa vulkanik dangkal, 16 kali gempa embusan, satu kali gempa tektonik jauh, tremor harmoni serta 9 kali gempa guguran.

Sementara 6 jam berikutnya terekam 3 kali gempa vulkanik dalam, 4 kali gempa vulkanik dangkal, 6 kali gempa embusan serta 16 kali gempa guguran.

Sedangkan pada pukul 12.00 WITA-18.00 Wita terekam 7 kali gempa vulkanik dalam, 2 kali gempa vulkanik dangkal, 6 kali gempa embusan serta 14 kali gempa guguran, serta tremor harmoni.

Sejak awal tahun ini salah satu gunung api aktif di Provinsi Sulut selain Gunung Lokon di Kota Tomohon dan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, telah beberapa kali erupsi mengeluarkan material debu, guguran lava pijar serta awan panas yang meluncur hingga 2,5 kilometer ke dalam radius bahaya. (Ant/Ado/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.