Sukses

Kontroversi Penampakan 'Hantu' Tertangkap Kamera di Queensland

Ada yang tak biasa dalam foto 4 perempuan dewasa dan 4 bocah yang sedang berenang di sebuah kolam alami di Australia.

Liputan6.com, Queensland - Sebuah foto diposting di laman Facebook penggemar kisah supranatural oleh seorang perempuan Australia, Kim Davison. Sepintas, tak ada yang aneh dalam gambar 4 perempuan dewasa dan 4 bocah yang sedang berenang di sebuah kolam alami.

Namun, menurut Davison, sosok keenam dalam foto tersebut, bocah yang ada di tengah belakang, bukan makhluk kasat mata. Hantu.

Dalam laman Facebook 'Toowoomba Ghost Chasers', Davidson mengklaim, dalam foto yang diambil 2014 lalu terdapat penampakan hantu bocah yang tenggelam di lokasi yang sama sekitar 100 tahun lalu.

Kim Davidson dan Jessie Lu, orang dewasa lain dalam foto yang sama, bersikukuh, hanya ada 3 bocah saat pose mereka dijepret di Murphy's Hole di Sungai Lockyer, tenggara Queensland.

Keduanya mengaku kaget bukan kepalang saat melihat sosok bocah keempat yang ada di latar belakang. Apalagi, wajahnya pucat dengan mata gelap, dan ada sesuatu di dua sisi kepalanya. Mirip tanduk.

"Saat mengambil foto tersebut tak ada apapun dan siapapun di antara kami berlima," kata Davison, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (11/3/2015).

Kisah tersebut makin heboh saat orang-orang yang mengaku peneliti menemukan fakta bahwa seorang bocah cilik bernama  Doreen O'Sullivan tenggelam di sungai yang sama pada tahun 1913. Saat itu ia berusia 13 tahun.



Dalam laman Facebook, sejumlah komentator mengaku melihat 'tanduk' di kepala penampakan 'hantu' tersebut. Lainnya melihatnya sebagai kuncir.

Dalam kliping koran Brisbane Courier bertanggal 22 November 1913 termuat berita duka tentang seorang gadis cilik yang nyawanya melayang di kolam alami itu.

"Doreen O Sullivan, usia 13 tahun, putri tertua James O'Sullivan tak sengaja tenggelam saat bermain di Lockyer Creek, Jumat sore," demikian cuplikan artikel tersebut. 



"Hampir satu jam berlalu, sebelum mayat itu ditemukan. Tempat itu, yang selalu dianggap berbahaya, dikenal sebagai Murphy's Hole, yang dalamnya 20 kaki (sekitar 6 meter). Pemakaman berlangsung pada hari Sabtu, dihadiri banyak pelayat. Anak-anak sekolah berpakaian putih berbaris di samping kereta jenazah."  

Tak hanya penampakan misterius dalam foto, Kim Davison juga mengklaim ada kejadian aneh di hari itu, saat mereka berenang di sungai.

"Kaki putriku seperti ditarik sesuatu di dalam air," kata dia. Ia juga mengaku ada sesuatu di belakangnya saat berjalan keluar dari air.

Davison juga mengklaim, 2 ahli paranormal yang melihat foto tersebut berpendapat, itu adalah gambar bocah yang tenggelam.

Sejumlah orang lain yang mengamati foto tersebut, termasuk Davison, juga mengklaim, ada 'arwah lain' yang tertangkap kamera."

"Ada penampakan pria berjenggot dekat gadis kecil yang aku pegangi, dekat kakinya. Ada sekitar 4 wajah dalam foto itu." 



Namun, tak semua percaya dengan dugaan penampakan itu. "Mata menyaksikan apa yang ingin ia lihat. Menurut pendapatku, segala penampakan itu tak lebih dari percikan air," tulis Max Meara.  

"Lihat ke arah bocah yang wajahnya tak memandang ke kamera, lengan kirinya sedang terangkat dan menyebabkan ombak kecil."

Komentator lain, Brad Glynn punya pendapat lain. "Menurutku itu adalah bocah lain, yang wajahnya terpapar cahaya matahari sehingga terlihat pucat," kata dia.

Sementara, admin laman 'Toowoomba Ghost Chasers' tak sepakat dengan pendapat bernada skeptis itu. "Kami biasa berenang di sana saat kecil. Dan aku bisa tegaskan, demi keamanan, aku tak akan berenang di sana lagi."

Bagaimana menurut Anda?

(Ein/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.