Sukses

Kata Jokowi-JK Soal Isu Budi Gunawan Jadi Menteri atau Wakapolri

Presiden Joko Wiodo atau Jokowi hari ini meninjau tempat pelelangan ikan (TPI) di Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Liputan6.com, Pandeglang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menolak menjawab pertanyaan awak media terkait kemungkinan atau isu Komjen Pol Budi Gunawan atau BG akan masuk jajaran menteri Kabinet Kerja atau wakapolri, setelah gagal dilantik menjadi kapolri.

"Ini urusan pariwisata, urusan pariwisata dulu," kata Jokowi saat meninjau tempat pelelangan ikan (TPI) di Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (23/02/2015).

"Sekarang urusan nelayan, yang tidak terkait kok tidak ditanyakan?" sambung Presiden.

Sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK pada kesempatan yang sama tak menampik kemungkinan Budi Gunawan diberi jabatan dalam Kabinet Kerja atau wakapolri.

"Nanti dipertimbangkan," kata JK.

Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo sebelumnya mengatakan, berkembang isu setelah Presiden Jokowi mengusulkan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon kapolri, wakapolrinya dilimpahkan kepada Komjen Pol Budi Gunawan. Isu ini berkembang di kalangan elite pemerintahan.

"Badrodin jadi kapolri, BG wakapolri. Ini isu yang beredar di elite," kata Bambang‎ dalam diskusi Babak Baru KPK-Polri di Jakarta, Sabtu 21 Februari lalu.

JK sebelumnya menyatakan tidak ada opsi atau kompensasi untuk Budi Gunawan. Dia hanya mengatakan akan mempertimbangan jenderal bintang 3 itu. "Itu nanti, nanti dipertimbangkan. Tidak ada itu (kompensasi untuk BG)," kata Jusuf Kalla usai menghadiri Mukernas I PPP di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 19 Februari lalu. (Rmn/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan