Sukses

Gunung Soputan Meletus, Warga Diminta Menjauh

Asap tebal berwarna putih kelabu membubung tinggi hingga mencapai 3.500 meter ke arah tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, kembali mengalami erupsi. Asap tebal berwarna putih kelabu membubung tinggi hingga mencapai 3.500 meter ke arah tenggara.

"Erupsi terjadi pada pukul 07.29 Wita," demikian pernyataan BPBD Provinsi Sulawesi Utara dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/2/2015).

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pihaknya mengimbau warga untuk tidak beraktifitas dalam radius 6,5 km dari Gunung Soputan.

"BPBD Provinsi Sulut dan BPBD Kabupaten mitra memonitoring serta mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tenang menghadapi jika dalam keadaan darurat," katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan pascaletusan pada Minggu 18 Januari 2015, aktivitas Gunung Soputan masih tinggi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dari data seismisitas terpantau 46 kali gempa vulkanik dalam, 21 gempa vulkanik dangkal, 53 kali gempa hembusan, 21 gempa guguran, dan tremor terus-menerus.

"Tingkat aktivitas kegempaan vulkanik Gunung Soputan masih tinggi," tegas Sutopo.

Namun, menurut dia, hingga kini belum perlu ada pengungsian karena permukiman terdekat berada di radius 8 kilometer. Masyarakat dapat tetap melaksanakan aktivitas secara normal. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.