Sukses

Walikota Solo Harap Jokowi Kembangkan Mobil Esemka

Walikota Solo mengaku kecewa pemerintah mendukung kerjasama dengan Proton untuk membuat mobil nasional.

Liputan6.com, Solo - 2 Mobil Esemka Rajawali kini hanya dipajang di Gedung Solo Technopark, Kentingan, Jebres Solo, Jawa Tengah. Padahal, 2 mobil tersebut pernah dibawa dari Solo ke Jakarta untuk mengikuti uji emisi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (9/2/2015), Esemka akhirnya memperoleh sertifikat uji emisi meski tidak bisa digunakan karena beratnya melebihi batas hingga lebih dari 2 ton.

Walikota Solo Hadi Rudyatmo menilai, meski mobil Esemka jelek tapi telah mengantarkan Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta. "Sebaiknya yang harus dikembangkan itu mobil Esemka. Karena ada kaitannya dengan karya anak bangsa," ujar Rudy.

Sementara Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan tidak mengetahui adanya rencana pemerintah membuat mobil nasional dengan menggandeng Proton produsen otomotif asal Malaysia. Kerjasama yang dilakukan antara PT Adiperkasa Citra Lestari milik  Hendropriyono dengan Proton, menurut Saleh Husin adalah murni hubungan antar-pengusaha. (Nfs)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini