Sukses

Jokowi Blusukan ke Kampung Ayer Brunei Darussalam

Sebanyak 21 meriam ditembakkan ke angkasa untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Brunei Darussalam.

Liputan6.com, Bandar Seri Begawan - Setelah lawatannya ke Malaysia, Presiden Jokowi hari ini melakukan kunjungan kenegaraan ke Brunei Darussalam. Sebanyak 21 meriam ditembakkan ke langit untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Brunei Darussalam.

Dalam kunjungan itu, selain melakukan pertemuan bilateral dengan Sultan Brunei Darussalam, Jokowi juga menyempatkan diri melakukan kunjungan ke Kampung Ayer. Lokasi tersebut merupakan kampung wisata yang berada di atas air.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (7/2/2015), dari Istana Edinburgh, Bandar Seri Begawan, tempat Presiden dan rombongan menginap, Jokowi didampingi beberapa keluarga kerajaan Istana mendatangi kampung yang didirikan di atas aliran sungai itu. Mereka menaiki kapal cepat milik Kerajaan Brunei Darussalam.

Setibanya di dermaga Kampung Ayer, Jokowi bersama Ibu negara Iriana langsung disambut oleh lantunan salawat diiringi alunan musik rabana. Jokowi pun tampak membalas salam ‎yang disampaikan warga kepadanya.

"Assalamualaikum," ucap Jokowi kepada warga Kampung Ayer.

Di kampung yang juga menjadi objek wisata andalan Kota Bandar Seri Begawan itu, ‎Jokowi bertemu dengan Kepala Kampung Ayer, yaitu Awang Haji Ahmad. Kepada Jokowi, Ahmad yang sudah berusia lebih dari 60 tahun itu bercerita mengenai riwayat kampung yang berdiri di atas sungai tersebut.

Kedatangan Jokowi

Sebelumnya, saat tiba di Bandara Internasional Brunei, Jokowi dan rombongan disambut Putra Mahkota Pangeran Haji Al-Muhtadee Billah Bolkiah. Mereka kemudian menuju Istana Nurul Iman.

Di Istana tersebut, Jokowi mengikuti upacara penyambutan kenegaraan yang dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah. Dengan berdiri berdampingan, keduanya mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara.

Di sela-sela kumandang lagu, prajurit tentara Kerajaan Brunei membunyikan 21 dentuman meriam sebagai bentuk penghormatan kepada tamu negara. Setelah itu, Jokowi menyalami satu persatu anggota keluarga kerajaan dan jajaran pejabat tinggi Kerajaan Brunei.

Sesaat setelahnya, Jokowi menuju ke ruang pertemuan Istana. Dalam pertemuan tersebut, Presiden dan Sultan sepakat melaksanakan nota kesepahaman dalam bidang kesehatan dan perdagangan. ‎

Setelah melakukan kegiatan tersebut, Jokowi dan rombongan kemudian menuju ke Istana Edinburgh. Istana tersebut merupakan Istana Kerajaan yang biasa digunakan untuk tempat menginap tamu negara.

Malam ini, setelah mengunjungi Kampung Ayer, Jokowi dijadwalkan menghadiri jamuan makan malam bersama Sultan Hassanal Bolkiah beserta Baginda Raja Isteri Pangeran Anak Hajah Salehah di Dewan Persantapan Diraja, Istana Nurul Iman. (Ndy/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.