Sukses

Ahok Belum Tahu Ada Anggaran Rp 750 Juta untuk Beli Pohon

Ahok mengaku juga tidak mempermasalahkan adanya pembelian pohon senilai Rp 750 juta yang dilakukan Dinas Pertamanan DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku belum mengetahui adanya anggaran sebesar Rp 750 juta yang digelontorkan Dinas Pertamanan DKI Jakarta untuk membeli sebuah pohon di Taman Waduk Ria Rio, Jakarta Timur.

"Saya nggak tahu. Mungkin saja kalau pohonnya memang besar, unik dan paling mahal, bisa.‎ Tapi bukan punya kami kan? Bukan kayaknya," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur itu pun mengaku juga tidak mempermasalahkan adanya pembelian pohon senilai Rp 750 juta yang dilakukan Dinas Pertamanan DKI. Namun, ia mengigatkan agar Dinas Pertamanan dapat mempertanggungjawabkan pembelian pohon tersebut.

"Jangan tiba-tiba pohon pakis ya nggak benar kamu. Kalau pohon yang betul-betul mahal nggak apa-apa. Asal dia nggak mark up ya. Selama benar, boleh. Kalau mark up kami potong,"‎ tambah Ahok.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Pemakaman telah menganggarkan pengadaan sebuah pohon untuk ditanam di Taman Waduk Ria Rio senilai Rp 750 juta.

"Iya sebuah pohon dianggarkan Rp 750 juta, tanamannya sangat eksotis, luar biasa, ‎besar, tinggi, antik, indah, dan beda dari tanaman atau pohon lainnya," kata ‎Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Nandar Sunandar di Balaikota Jakarta.

Nandar mengatakan, pengadaan pohon seperti pohon Baobab asal Afrika itu sebetulnya sudah dianggarkan sejak tabun 2014 lalu guna mempercantik Taman di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur.

‎"Coba masuk ke Taman Ria Rio dari arah Jalan Ahmad Yani, pas di turunan seberang Jalan Perintis Kemerdekaan. Nah, di sebelah kiri itu pohon eksotisnya," tambah Nandar.

Nandar mengaku pengadaan pohon ini sudah dilakukan melalui e-budgeting. Adapun Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI mengajukan anggaran sebesar Rp 1,303 triliun untuk melaksanakan program unggulan di tahun 2015.

Untuk pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di Taman Waduk Ria Rio sendiri, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI menganggarkan dana Rp 50 miliar. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.